Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

BPJS Kesehatan Salurkan Bantuan Gempa Sulteng

Selasa 02 Okt 2018 15:11 WIB

Red: Gita Amanda

Korban gempa selamat berjalan di Bandara Mutiara Sis Aljufri untuk dievakuasi di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9).

Korban gempa selamat berjalan di Bandara Mutiara Sis Aljufri untuk dievakuasi di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9).

Foto: ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA
Bantuan yang terhimpun sampai Ahad sore adalah sebesar Rp223.803.808.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

"Sejak Sabtu pagi tim telah bergerak serentak membawa bantuan ke lokasi menempuh perjalanan darat 10-12 jam dan tim masih di lapangan memastikan bantuan terdistribusi," kata Deputi Direksi Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) BPJS Kesehatan Lisa Nurena, Selasa (2/10).

Upaya kemanusiaan ini dikoordinasikan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Suluttenggomalut serta Kedeputian Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku (Sulselbaltramal). Respons cepat langsung dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo, Manado, Tondano, Luwuk, Makassar dan Mamuju.

"Semua aktivitas ini dipimpin langsung oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris melalui grup whatsapp," ujarnya.

Lisa mengatakan, pengiriman bantuan ke Palu dan Donggala mengalami kendala karena bandara dan pelabuhan mengalami kerusakan sehingga harus menggunakan helikopter dan kendaraan darat. Distribusi bantuan mengalami hambatan karena jalur darat sebagian longsor dan jalan yang tak semuanya mudah dilalui.

Begitupun dengan komunikasi melalui telepon mengalami kesulitan karena sebagian besar tower telekomunikasi belum bisa dipulihkan. Lisa menambahkan, kloter pertama "Tim Gerak Cepat BPJS Kesehatan" sudah berada di Kota Palu dan mendirikan posko darurat.

Rombongan pengiriman bantuan bergerak dari Manado, Tondano, Gorontalo, Luwuk, Makasar dan Mamuju yang masing-masing berjarak 192 hingga 947 kilometer dari lokasi kejadian. Bantuan yang dibawa berupa sembako, obatan dasar, P3K, tenda, bed, selimut, makanan bayi, popok bayi, susu, air minum, pakaian, peralatan MCK, genset, lampu solar sel, yang semuanya dihimpun dari pegawai BPJS Kesehatan.

Di beberapa tempat rombongan terkendala jalan longsor dan jalan yang rusak, kemacetan parah akibat mobilitas masyarakat yang berbondong-bondong memasuki Kota Palu. Hingga saat ini, bantuan sudah mulai didistribusikan ke beberapa titik dan akan terus dilanjutkan oleh tim berikutnya.

"Alhamdulilah, bantuan kini terus mengalir termasuk bantuan tunai dari seluruh duta BPJS Kesehatan se-Indonesia dan eksternal yang terhimpun sampai Minggu sore adalah sebesar Rp223.803.808. Kami harapkan bantuan ini dapat membantu meringankan beban warga Palu dan Donggala dan terus bersemangat untuk bangkit kembali," ujar Lisa.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA