Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Makanan Pencegah Batu Ginjal

Selasa 02 Oct 2018 12:47 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari

Penyakit batu ginjal/ilustrasi

Penyakit batu ginjal/ilustrasi

Foto: Wikipedia
Diet berkalsium tinggi berpotensi turunkan risiko batu ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Seseorang yang rentan terhadap batu ginjal sebaiknya lebih memerhatikan asupan makanan. Dilansir melalui CNA Lifestyle, minum lebih banyak air memang sangat disarankan bagi penderita batu ginjal. Namun tidak hanya itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan sodium lebih kecil dan memperkaya kalsium juga dianjurkan.

Ada aturan tertentu yang wajib dilakukan bagi penderita batu ginjal. Pada awal 1990-an sekelompok peneliti dari Universitas Harvard meneliti sekitar 45 ribu pria yang pernah mempunyai riwayat batu ginjal. Penelitian tersebut dilakukan selama empat tahun dan mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan.

Dari hasil studi, diet makanan berkalsium tinggi justru menurunkan risiko batu ginjal. Penelitian terus berlanjut terhadap kelompok pria ini selama 14 tahun. Para ilmuwan tetap menemukan bahwa kalsium pada makanan berpengaruh. Kalsium melindungi pria dari batu ginjal meskipun efeknya terbukti hanya pada mereka yang berusia lebih muda, yakni di bawah 60 tahun.

Studi juga menemukan, diet tinggi magnesium, potasium, dan konsumsi cairan juga bersifat melindungi. Kemudian pada 2005 kelompok peneliti ini memperluas analisanya pada lebih dari 240 ribu pasien. Dari analisa tersebut didapatkan, obesitas atau berat badan yang terus bertambah pada wanita bisa meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

Peneliti lantas tak diam saja. Mereka kemudian mendalami mempelajari jenis diet DASH, yakni diet dengan konsumsi tinggi buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, makanan rendah sodium, minuman manis, serta daging merah dan olahannya. Diet DASH telah mendapat dukungan dari American Heart Association and National Institutes of Health.

Kelompok peneliti asal Harvard ini juga mendapati diet DASH mampu menurunkan risiko batu ginjal. Rekomendasi diet jenis ini mendapat respons dengan mudah dan luar biasa. Asosiasi Urologi Amerika Serikat juga membuatnya menjadi lebih sederhana. Pertama, mereka yang rentan batu ginjal harus mengonsumsi cairan setidaknya 2,5 liter air per hari.

Mereka juga dianjurkan untuk membatasi semua asupan natrium menjadi 2.300 miligram per hari. Terakhir, konsumsi sekitar 1000 sampai 1200 miligram kalsium dalam sehari. Banyak salah paham yang umum tentang cairan yang harus dikonsumsi. Air mineral bukan satu-satunya yang bisa melindungi diri dari batu ginjal. Beberapa jenis minuman lain, seperti kopi, teh, anggur, jus, dan lainnya juga bersifat melindungi.

Namun para peneliti tidak menyarankan minuman bersoda dan manis karena meningkatkan risiko pembentukan batu. Lebih dari 90 persen batu ginjal mengandung kalsium dalam bentuk oksalat, fosfat, atau hidroksiapatit. Umumnya batu terbentuk dari asam urat atau bahan kimia lain.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA