Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Bottas Start Terdepan di GP Rusia

Sabtu 29 Sep 2018 22:39 WIB

Red: Israr Itah

Valtteri Bottas

Valtteri Bottas

Foto: EPA-EFE/SRDJAN SUKI
Ia mengukir waktu tercepat satu menit 31,387 detik pada sesi kualifikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOCHI -- Pembalap Finlandia Valtteri Bottas menempati posisi start terdepan pada Grand Prix Rusia pada balapan Formula Satu (F1) yang akan berlangsung di Sirkuit Sochi Autodrom, Ahad (30/9). Ia mengukir waktu tercepat satu menit 31,387 detik pada sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (29/9).

Rekan setimnya di Mercedes sekaligus pemuncak klasemen F1 Lewis Hamilton menduduki urutan kedua. Pesaing Hamilton pada perebutan gelar juara, Sebastian Vettel, akan start dari posisi ketiga.

"Rasanya menyenangkan," kata Bottas. "Menuju akhir pekan ini, saya tahu bahwa biasanya ini akan menjadi trek yang bagus untuk saya dan saya kembali mampu mendapatkan lap-lap yang bagus di sini. Mobil ini terasa sangat kuat."

Ini menjadi pole position kedua kalinya untuk Bottas pada musim ini, di mana ia tertinggal 110 poin dari Hamilton. Tahun lalu, Bottas merayakan kemenangan perdananya di sirkuit ini.

"Ia mengemudi dengan brilian pada akhir pekan ini dan ia melakukan pekerjaan bagus," puji Hamilton.

Ketua tim Toto Wolff mengatakan Bottas mengalami lonjakan adrenalin. Ia tak menjelaskan rinci jawaban pertanyaan tentang apakah Mercedes akan menerapkan team order untuk menguntungkan Hamilton pada saat balapan.

Vettel berharap dapat membalikkan situasi pada saat balapan. Pembalap Ferrari ini percaya diri dapat melakukannya

"Saya telah berbicara kepada Valtteri dan mengingatkan dia apa yang terjadi tahun lalu maka mungkin kali ini kami dapat membalikkan situasi," kata pria Jerman itu kepada para pewarta.

Ia menegaskan, penting untuk berada sedekat mungkin dengan duo Mercedes yang disebutnya sangat cepat. Vettel menilai balapan nanti akan panjang dan kondisi ban akan menjadi penting. "Mobilnya terasa baik-baik saja maka hal itu membuat saya gembira. Jika terdapat celah, saya akan memburunya," janjinya.

Pembalap Denmark Kevin Magnussen akan berada di urutan kelima untuk Haas, di belakang pembalap Ferrari Kimi Raikkonen. Sedangkan pembalap Prancis Esteban Ocon akan start dari posisi keenam untuk Force India.

Pembalap rookie dari Sauber Charles Leclerc lolos kualifikasi di posisi ketujuh. McLaren dan Williams mengisi empat slot terakhir namun hal itu akan berubah saat dua pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen, bersama dua pembalap Toro Rosso, Gasly dan Brendon Hartley, menjalankan penalti mereka.

Hal itu semestinya memberikan aksi salip-menyalip kepada para penonton, dan Verstappen ingin menandai ulang tahun ke-21nya dengan penampilan menarik.

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA