Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Trik Jitu Agar Jualan di Car Free Day Laris Manis

Jumat 28 Sep 2018 18:25 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Warga menghadiri Semarak Kopi Bengkulu di kawasan Car Free Day (CFD) Bundaran HI, Ahad (26/11).

Warga menghadiri Semarak Kopi Bengkulu di kawasan Car Free Day (CFD) Bundaran HI, Ahad (26/11).

Foto: Republika/Inas Widyanuratikah
CFD ini menjadi peluang bagus bagi para pelaku usaha.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita tentu tidak asing lagi dengan istilah CFD (car free day). Hari bebas lalu Lalang kendaraan bermotor yang digelar setiap hari Ahad pagi di jalan protokol Ibukota ini sudah sejak lama dilakukan.

Kebijakan Pemerintah DKI Jakarta tersebut tidak lain bertujuan untuk mendeklamasikan kebersihan agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan di sekitar. Namun yang juga menarik dari CFD ini adalah menjadi peluang bagus bagi para pelaku usaha untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang melimpah.

Bila Anda tertarik untuk berjualan di acara CFD, ada beberapa trik yang harus dilakukan agar jualan di car free day laris manis sebagaimana dikutip dari cermati.com/">Cermati.com.

Jangan Lupa Survei Tempat Terlebih Dahulu
Sama halnya sebelum mengikuti ujian, Anda yang ingin berjualan di acara CFD juga perlu melakukan survei tempat. Tujuannya agar Anda tidak datang ke lokasi yang salah saat acara berlangsung.

Dengan adanya survei, Anda juga lebih tahu seperti apa keadaan atau kondisi lingkungan yang ada di sekitar area CFD. Masalah yang mungkin muncul selama acara CFD pun dapat diantsipasi dengan baik bila sudah memahami lokasi dengan bagus.
Lakukan survei satu atau dua hari sebelum acara CFD dimulai sehingga persiapan yang dilakukan untuk menyambut CFD ini jadi lebih matang.

photo
Suasana pagi di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi ramai pengunjung warga Kota Bekasi, Ahad (28/1).

Datanglah Lebih Awal ke Lokasi CFD
Pedagang yang berjualan di CFD bukan hanya satu, melainkan puluhan bahkan ratusan pedagang, tergantung jumlah pengunjung yang datang. Ini artinya, Anda harus bangun lebih awal supaya dapat mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan acara CFD dengan baik.

Nah, ketika peserta CFD mulai berdatangan, Anda pun tidak kelabakan lagi untuk mempersiapkan barang-barang yang akan dijual. Sehingga Anda dapat berjualan dengan rileks tanpa dibebani oleh apapun.

Perhatikan dengan Baik Posisi Lapak
Posisi lapak sangat memengaruhi laris atau tidaknya barang dagangan yang dijual selama acara CFD berlangsung. Lokasi berjualan yang bagus adalah berada di tengah-tengah atau area depan dari lokasi CFD.

Hindari area pojok atau belakang karena area ini jarang dikunjungi oleh peserta CFD. Kalau pun ada pengunjung, jumlahnya pasti tidak sebanyak saat Anda berjualan di bagian tengah atau depan lokasi CFD.

Lakukan Promosi Kecil-Kecilan
Promosi yang dimaksud disini tentunya tidak sama dengan promosi yang ada di lapak jual beli online. Promosi di acara CFD lebih ke bagaimana cara untuk menarik perhatian pengunjung supaya mampir ke lapak tempat Anda berjualan.

Beruntunglah jika Anda ditemani oleh rekan atau keluarga saat berjualan di CFD, sehingga bisa membagi pekerjaan demi melancarkan promosi. Teknik promosi yang dilakukan bisa seperti memanggil pengunjung, menyebarkan brosur, atau menghampiri pengunjung dan menuntunnya ke gerai kecil tempat Anda berjualan.

Apapun teknik promosi yang dilakukan, pastikan promosi tersebut tidak sia-sia supaya pengorbanan yang sudah dilakukan terbayar dengan hasil penjualan yang didapat setelah acara CFD selesai.

Tetapkan Harga Produk yang Ekonomis
Harga produk yang dijual di acara CFD tidak perlu terlalu mahal karena umumnya pengunjung yang datang ke acara ini tidak mencari kualitas, melainkan kuantitas. Harga produk yang lebih murah lebih banyak dicari, apalagi kalau isinya banyak dan enak.

Inilah sebabnya kenapa menentukan harga barang sebelum berjualan itu penting untuk menghindari harga yang terlalu mahal atau harga yang terlalu murah.

Sediakan Uang Kembalian yang Cukup
Satu hal yang tidak boleh dilupakan saat berjualan adalah uang kembalian. Poin ini penting diingat karena jarang sekali pembeli yang membayar dengan uang pas. Kalau tidak menyiapkan uang kembalian dari awal, Anda akan kerepotan untuk menukar uang kembalian kepada pedagang lain.

Parahnya lagi, tidak semua pedagang mau menukarkan uang karena mereka juga butuh uang tukar tersebut, bukan? Jadi lebih baik siapkan uang kembalian supaya aktivitas berjualan di CFD berjalan lancar.

Pilih Ide Dagangan yang Paling Pas

Ada banyak barang dagangan yang bisa dijual di acara CFD. Namun, carilah ide dagangan yang paling pas dan banyak dicari oleh peserta CFD, misalnya makanan dan minuman. Karena memang acara CFD banyak menghabiskan tenaga, sehingga berjualan makanan dan minuman menjadi merupakan ide dagangan yang paling pas untuk mengembalikan tenaga yang sudah terkuras.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA