Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Telur Hingga Cokelat Hitam Jaga Sistem Imun Tubuh

Kamis 27 Sep 2018 09:01 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari

Telur goreng atau telur mata sapi.

Telur goreng atau telur mata sapi.

Foto: Flickr
Telur merupakan sumber protein komplit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas sama dengan menjaga kesehatan fisiologis tubuh secara keseluruhan. Menjaga sistem imun dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat. Ada yang menyebut akanan-makanan tersebut sebagai superfood merujuk kegunaannya pada kesehatan tubuh.

Dalam sebuah tulisan di Lifehack, aktivis gaya hidup sehat Adam Evans membagikan info beberapa jenis makanan dan minuman yang diyakini menjaga imun tubuh. Dari air putih sampai cokelat hitam, berikut beberapa makanan dan minuman yang perlu dikonsumsi.

Air Putih
Gaya hidup sehat dimulai dari hal yang paling sederhana. Jangan biarkan tubuh kekurangan air. Pastikan kita minum air delapan gelas sehari atau sekitar dua liter.

Telur
Telur adalah sumber protein yang komplit. Telur mengandung asam lemak omega 3 dan sembilan asam amino esensial. Putih telur kaya akan vitamin D/E/K, B2, B5, B6, B12, dan mineral. Bagian kuning telur mengandung kalori, lemak, vitamin A/D/E/K, san lesitin. Untuk diketahui, telur berukuran sedang punya kandungan 76 kalori, 7,5 gram protein, 5,1 gram lemak, dan 1,4 gram lemak jenuh.

Bayam
Sayuran hijau ini kaya akan vitamin C yang membantu menyembuhkan fly serta memperbaiki sistem imun. Bayam juga tinggi antioksidan dan betakaroten yang penting untuk menghalau infeksi dan virus. Anda dapat mengolah bayam menjadi salad. Karena, cara terbaik mengonsumsi bayam adalah menyantapnya dalam kondisi mentah. Nutrisi pada bayam akan lebih baik diserap tubuh jika dalam keadaan mentah.

Kunyit
Bumbu dapur yang satu ini ternyata berfungsi sebagai anti inflamasi. Khasiat ini ada karena kunyit mengandung curcumin. Studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Immunology menyebut curcumin mengaktifkan produksi T-cell yang penting untuk mendongkrak kekebalan tubuh.

Cokelat hitam
Jangan terkejut ketika tahu bahwa dark chocolate atau cokelat hitam baik untuk sistem imun tubuh. Cokelat hitam masuk dalam golongan superfood karena mampu menangkal radikal bebas.

Baca Juga

Cokelat hitam juga tinggi kandungan antioksidan yang menjaga tubuh dari efek radikal bebas. Antioksidan pada cokelat hitam termasuk di antaranya vitamin, mineral, dan fitokimia. Makan cokelat hitam juga dapat membantu menyeimbangkan kolesterol, tekanan darah, serta menjaga kesehatan jantung dan kemampuan kognitif.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA