Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Tampil Berkelas dengan Mobil Bekas

Rabu 26 Sep 2018 17:57 WIB

Red: Hiru Muhammad

Mobil bekas selalu memiliki penggemar tersendiri

Mobil bekas selalu memiliki penggemar tersendiri

Foto: Dok Republika
Mereka yang puas akan membeli lagi mobil bekas di diler yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebutuhan mobil bekas di tanah air terbilang cukup mampu bersaing dengan keberadaan mobil baru. Meski banyak kendaraan yang dijual dengan kondisi apa adanya, namun bisnis ini memiliki pasar tersendiri dengan berbagai alasan orang membeli mobil bekas tersebut. 

"Kebutuhan tiap orang berbeda, apalagi orang Indonesia mau beli mobil bekas asal bergengsi," kata Regia Glamoria Country manager mobil123com, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/9). Apalagi dengan layanan diler yang jumlahnya banyak, layanan perbankan bagi pembelian kredit mobil bekas membuat bisnis penjualan mobil bekas berkembang pesat. 

Mereka yang puas dengan layanan pembelian mobil bekas melalui diler, biasanya akan membeli mobil bekas lagi di tempat yang sama. Namun, bagi pemula biasanya mereka menyukai membeli langsung ke sonsumen secara online. "Biasanya akan terjadi repeat order dari konsumen lama, karena mereka senang," katanya. 

Kendaraan yang diminati konsumen cukup beragam. Banyak keluarga yang memilih kendaran jenis MPV yang dilengkapi dengan kursi captain seat, namun tidak sedikit juga yang mencari kendaraan sejenis city car maupun sedan.  Mereka yang membeli kendaraan diatas Rp 300 juta biasanya lebih mengutamakan gaya hidup, bukan untuk operasional sehari hari. 

Penjualan mobil bekas umumnya meningkat antara bulan April, Mei, September, Oktober, November. Untuk akhir tahun biasanya sudah diisi dengan penawaran penjualan mobil baru dari agen pemegang merek (APM) yang akan menghabiskan sisa produksi akhir tahun mereka. 

Hingga kini, jumlah orang yang mencari mobil bekas di laman  Mobil123 sendiri sangat besar. Sepanjang Januari - Agustus 2018 tercatat sekitar 12 juta pengguna baru (unique visitors) mencari mobil bekas. Jumlah pengguna secara keseluruhan yang mencari mobil bekas di periode tersebut melebihi 30,5 juta user.

Karena itu, situs jual beli mobil online ini akan menggelar pameran mobil bekas berkualitas Hot Deals Carnival, di Scientia Square Park, BSD Tangerang. Pameran yang akan berlangsung dari 29 - 30 September 2018 tersebut diikuti 20 dealer yang akan menampilkan 150 mobil bekas berkualitas. 

Pameran yang disponsori BCA Finance, Asuransi Raksa dan MPM Finance ini  akan menjadi pameran mobil bekas pertama yang digelar automotive classified media di Indonesia.  "sekitar 70 sampai 80 persen konsumen membeli lewat leasing, " kata Edy wardhana Branch Manager  BCA finance Tangerang.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA