Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Telur Rebus Setengah Matang yang Sempurna

Rabu 26 Sep 2018 06:55 WIB

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari

Telur rebus setengah matang.

Telur rebus setengah matang.

Foto: Flickr
Waktu memasak menjadi kunci menghasilkan kuning telur yang matang tapi tidak keras.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur rebus setengah matang yang sempurna harus memiliki lapisan putih yang kuat. Selain itu, bagian dalamnya harus terasa hangat dan tidak terlalu matang.

Membuat telur rebus setengah matang mungkin akan terasa lebih sulit dibandingkan dengan telur rebus yang benar-benar yang matang. Berikut tips memasak telur setengah matang yang sempurna, dikutip dari laman The Kitchn, Rabu (26/9), mungkin Anda akan langsung dapat membuat telur rebus setengah matang dengan sempurna.

Sebelum memulai, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan seperti satu hingga empat telur besar, tergantung seberapa banyak telur yang akan Anda rebus. Kemudian, siapkan peralatan memasak seperti panci, pisau, dan mangkuk.

Waktu adalah kuncinya
Untuk mendapatkan telur rebus setengah matang yang sempurna, Anda harus selalu memperhatikan waktu pembuatannya. Pertama, masak air hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan apinya dan masukkan telur yang sudah dipersiapkan ke dalam air tersebut.

Apabila Anda hanya ingin merebus satu atau dua telur saja, maka waktu lima menit saja sudah cukup untuk mendapatkan kuning telur yang cair dan sudah matang. Atau Anda dapat merebus hingga tujuh menit untuk lebih mendapatkan bagian luar telur yang sudah mengeras. Sementara untuk merebus tiga atau empat butir telur, Anda cukup tambahkan beberapa detik ekstra dalam waktu perebusan.

Dalam merebus telur hingga setengah matang, Anda disarankan untuk memakai alat penghitung waktu untuk mendapatkan hasil yang konsisten. Ketika telur sudah direbus selama waktu yang ditentukan, segera taruh di dalam mangkuk berisi air dingin selama satu menit agar telur tidak terlalu panas dan mudah untuk dikonsumsi.

Penyajian telur rebus setengah matang
Untuk penyajiannya, taruh telur-telur tersebut di dalam cangkir telur. Setelah itu, gunakan ujung pisau untuk mengetuk telur secara perlahan di bagian atas telur.

Kupas kulit telur bagian atas, dan Anda langsung dapat memakannya. Anda dapat menggunakan sendok untuk menyendok kuning telurnya, atau bahkan mencelup roti.

Telur rebus ini dapat disimpan di dalam kulkas hingga empat hari. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA