Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Cara Terbaik Menggoreng Telur

Senin 24 Sep 2018 10:09 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari

Telur goreng atau telur mata sapi.

Telur goreng atau telur mata sapi.

Foto: Flickr
Gunakan api sedang ketika menggoreng telur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur memang nikmat digoreng. Menu sarapan ini bisa dibuat hanya dalam waktu kurang dari lima menit. Mengetahui cara menggoreng telur akan menjadi keahlian yang terus dilakukan selama ratusan kali. Laman Thekitchn mencoba memberikan tips untuk cara terbaik menggoreng telur.

Menggoreng telur tidak memerlukan wajan khusus. Telur bisa dimasak dengan wajan jenis apa saja. Namun yang paling direkomendasikan memang sebaiknya memakai wajan anti lengket. Hal ini guna menghindari lengket. Apabila di rumah hanya terdapat stainless atau wajan berlapis enamel, gunakan mentega agar tak lengket.

Dari segi ukuran, telur bisa digoreng di atas wajan besar atau kecil. Apabila hanya ingin menggoreng satu telur bisa memakai wajan ukuran 8 inci atau 20 cm. Namun bila telur dimasak untuk brunch atau makan siang, wajan besar bisa diandalkan memasak telur dalam jumlah banyak.

Telur sangat bagus digoreng pada suhu panas sedang. Apabila api terlalu panas, bagian bawah telur akan lebih dulu matang sementara bagian atasnya tetap cair. Namun bila api terlalu kecil maka akan lebih lama matang. Api harus cukup panas sehingga bisa melihat telur seolah mendidih di atas wajan, dan ini menarik untuk dilihat.

Bagian yang cukup sulit dimasak untuk telur, yakni bagian atasnya. Apabila ingin telur yang terlihat cantik maka bisa memasak tanpa membaliknya. Gunakan tutup wajan agar uap panas bisa mematangkan bagian atas telur. Apabila ingin membaliknya boleh saja.

Lamanya waktu memasak telur menjadi preferensi pribadi bagi masing-masing orang. Putih telur bisa diatur matang dalam waktu beberapa menit. Apabila menyukai kuning telur setengah matang, maka segera tarik telur ke atas piring begitu bagian putih sudah matang. Namun bila lebih suka matang, tunggu saja.

Gunakan jari tangan untuk mengetahui tingkat kematangan kuning telur. Apabila sudah merasa cukup, maka bisa disajikan. Saat ingin membuat telur menjadi isian roti panggang, ini merupakan dua bahan yang berbeda. Masak keduanya secara tersendiri. Setelah roti dipanggang, letakkan telur di atasnya dan sajikan. Selamat masak!


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA