Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Ilmuwan Ungkap Buah Paling Ampuh Tumpas Kanker

Rabu 19 Sep 2018 13:57 WIB

Red: Nur Aini

Lemon

Lemon

Foto: wikipedia
Ada lima buah yang paling efektif menumpas sel kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan telah mengungkap sederetan buah paling ampuh yang diklaim mampu mengatasi penyakit kanker, di antaranya lemon, cranberry, apel, anggur, dan stroberi.

Doktor gizi alumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Susianto Tseng mengatakan ada 11 buah-buahan yang diambil sebagai sampel dalam penelitian dan dibandingkan dengan kekuatannya dalam menumpas sel kanker.

"Michael Greger M.D. FACLM pada Mei 2013 mengutip sejumlah jurnal ilmiah terkait kemampuan 11 buah-buahan yang umum dijumpai untuk menekan pertumbuhan sel kanker secara in vitro dibandingkan," katanya di Jakarta, Rabu (19/9).

Perbandingan dilakukan untuk mengetahui buah apa yang paling efektif dari mulai apel, pisang, cranberry, anggur, lemon, jeruk, persik, pir, nanas, stroberi, dan grapefruit. Susianto mengatakan dari perbandingan tersebut kemudian diketahui lemon, cranberry, apel, anggur, dan stroberi merupakan lima besar buah yang paling efektif menumpas sel kanker.

Pria yang juga Ketua Yayasan Tempe Internasional itu, mengutip artikel dari Dr. Michael Greger yang mengumpulkan berbagai jurnal dan penelitian terkait dengan diet antikanker. Greger menemukan bahwa senyawa aktif dalam 11 buah-buahan itu efektif dalam menumpas kanker dengan kadar yang bervariasi dari yang tertinggi hingga terendah.

Kanker didefinisikan sebagai pertumbuhan abnormal suatu sel yang menghasilkan benjolan atau tumor yang bisa menyebar atau bermetastasis ke berbagai area tubuh yang lain. Menurut Susianto, diet dan gaya hidup memainkan peran yang penting untuk mencegah dan mengatasi berbagai jenis kanker, termasuk payudara, prostat, kolorektal, dan kulit.

"Diet yang fokus pada makanan immune-boosting khususnya G-BOMS itu sangat krusial untuk melawan kanker," katanya.

G-BOMS terdiri atas greens (sayuran hijau), beans (kacang-kacangan), mushrooms (jamur), berries, dan seeds/nuts (biji-bijian).

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA