Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

6 Warga Cina yang Diperiksa Punya Paspor Bergambar Palu Arit

Selasa 18 Sep 2018 22:31 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah

Warga negara asing asal Cina dibawa ke Kantor Imigrasi (ilustrasi)

Warga negara asing asal Cina dibawa ke Kantor Imigrasi (ilustrasi)

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Warga Cina ini punya dokumen lengkap, termasuk visa bisnis untuk 30 hari ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG --  Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Karawang melansir enam warga Cina yang sempat diamankan petugas tidak ditemukan pelanggaran. Pasalnya, mereka membawa dokumen lengkap, termasuk visa bisnis untuk 30 hari ke depan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Karawang, Yopie Asmara, mengatakan, pihaknya telah mengamankan keenam warga Cina tersebut. Namun, setelah dimintai keterangan, tidak ada pelanggaran keimigrasian. Meski demikian, kehadiran mereka akan terus dipantau.

"Rencananya, mereka akan melakukan meeting dengan pihak PT Sinohydro, yang mempekerjakan mereka," ujar Yopie saat menggelar jumpa pers di Mapolres Karawang, Selasa petang (18/9).

Baca: Enam Warga Cina Ditangkap Petugas Imigrasi Karawang

Menurut Yopie, keberadaan para pekerja asing ini akan terus dipantau. Petugas juga menyita dokumen mereka. Pasalnya, dalam paspor milik warga Cina tersebut tertera logo palu arit.

Menanggapi logo tersebut, Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengaku, lambang tersebut tidak ada kaitannya dengan kegiatan politik di Indonesia. Apalagi, berdasarkan penelusuran tim pora, beberapa warga Cina itu merupakan anggota partai di negaranya. "Tetapi, mereka tidak melakukan kegiatan mencurigakan di Indonesia," ujar Waloya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA