Selasa 18 Sep 2018 19:45 WIB

Mau Tau Finalis Forwot Car Of The Year 2018?

Ada beberapa catatan menarik dalam pemilihan tahun ini

Rep: nora azizah/ Red: Hiru Muhammad
para finalis Forwot Car of The Year 2018
Foto: dok Forwot
para finalis Forwot Car of The Year 2018

REPUBLIKA.CO.ID,- JAKARTA -- Tahun ini, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) kembali menggelar penghargaan bergengsi Forwot Car of The Year 2018.

Saat ini telah terhimpun 23 jenis mobil baru dan bukan dari minor change, major change, atau penambahan dari pabrikan asal Jepang, Korea, Amerika Serikat (AS), serta Eropa.

Berdasarkan hasil mayoritas suara terpilih lima model untuk finalis Car of The Year 2018, yakni DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush, dan Wuling Cortez.

Proses penjurian mengacu pada Car of The Year dari Car of The Year Comitte atau caroftheyear org. Acuan tersebut dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif Indonesia. "Ada beberapa catatan menarik dalam pemilihan tahun ini," kata Ketua Umum Forwot Zainal Abidin dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/9).

Tahun ini untuk pertama kalinya dua merek asal Cina masuk dalam daftar finalis. Kemudian lima finalis juga menggambarkan pasar Indonesia, yakni MPV dan SUV.

Zainal mengatakan, jumlah mobil baru dari 32 model pada 2017 lalu hanya menjadi 23 model pada tahun ini. Hal tersebut menunjukkan kondisi pasar di Indonesia masih kurang bergairah.

Lima finalis mobil tersebut kemudian akan dipilih kembali oleh satu panel juri berdasarkan pemungutan suara. Setiap juri akan memberikan nilai 25 poin dan didistribusikan pada para finalis. Pengumuman Forwot Car of The Year 2018 akan berlangsung pada 28 September 2018 di Jakarta.

Forwot Car of The Year merupakan pemilihan model mobil terbaik yang dilakukan para jurnalis otomotif Indonesia. Pemilihan tersebut sudah berlangsung sejak 2009 silam.

Kriteria pemilihan mobil terbaik tersebut berdasarkan desain, kenyamanan, keamanan, ekonomis, handling, performa, functionality, environmental requirement, driver satisfaction, dan harga.

Forwot Car of The Year diselenggarakan untuk memberikan rekomendasi mobil terbaik yang diluncurkan dalam periode tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement