Senin 20 Sep 2021 05:54 WIB

Perpustakaan UMM Jadi Kontributor Data Tertinggi Portal IOS

Berkat perubahan ini, banyak karya yang bisa diakses dengan mudah.

Kampus UMM.
Foto: Dokumen.
Kampus UMM.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mendapatkan penghargaan sebagah salah satu dari sepuluh kontributor data tertinggi portal Indonesia One Search (IOS). Penghargaan ini telah diberikan oleh pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) secara daring, beberapa waktu lalu.

Kepala Perpustakaan UMM, Asep Nurjaman, mengatakan, perpustakaan UMM sudah turut serta menjadi bagian dari IOS. Hal itu tidak lepas dari usaha UMM yang senantiasa mengembangkan digitalisasi perpustakaan. Beberapa digitalisasi yang sudah dilakukan perpustakaan UMM seperti e-print serta digital library (Digilib). "Keduanya berisi karya-karya para dosen dan mahasiswa yang sudah diubah menjadi bentuk digital,” kata Asep.

Berkat perubahan ini, banyak karya yang bisa diakses dengan mudah. Tidak harus berada di lokasi perpustakaan, masyarakat juga bisa mengakses karya-karya tersebut dari manapun melalui beragam platform. IOS menjadi salah satu platform penyedia karya tulis yang bisa diakses dengan mudah dan memberikan kontribusi yang cukup banyak di Indonesia.

Asep mengenai internasionalisasi. Hal ini tentu berdampak baik pada perkembangan setiap bagian yang ada di universitas, salah satunya perpustakaan. Pihaknya terus berusaha melakukan transformasi bentuk printed menjadi digital. Di samping itu, juga membangun sistem elektronik yang bersifat open source demi mewujudukan universitas bertaraf internasional.

Berbagai aktivitas juga senantiasa dilakukan demi mengembangkan kemanfaatan dan penunjang produktivitas akademik. Sebut saja pendampingan yang dilakukan pustakawan dalam program sukses skripsi bagi para mahasiswa. Selain itu, pendampingan penyusunan jurnal serta teknologi literasi seperti penggunaan Mendeley.

Selanjutnya, Asep akan berusaha untuk membangun perpustakaan UMM yang lebih modern dengan meningkatkan kualitas pelayanan di semua aspek. "Pun juga sebagai pendukung agar Tri Dharma perguruan tinggi bisa dilaksanakan dengan lancar serta baik,” ungkap dosen asal Bandung tersebut dalam siaran persnya.

Dosen Ilmu Pemerintahan UMM tersebut berharap sivitas akademika Kampus Putih bisa meningkatkan kolaborasi dan bersama-sama melangkah maju untuk mewujudkan perpustakaan yang berkontribusi. Perpustakaan UMM sudah siap melangkah ke arah internasionalisasi sesuai dengan visi universitas. Yakni menjadi perguruan tinggi yang sejajar dengan universitas internasional lainnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement