Senin 14 Nov 2016 14:18 WIB

Mahasiswa UMJ KKN Internasional ke Kota Kinabalu

Penyambutan mahasiswa KKN internasional UMJ oleh KBRI.
Foto: UMJ
Penyambutan mahasiswa KKN internasional UMJ oleh KBRI.

REPUBLIKA.CO.ID, KINABALU -- Empat mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) melakukan kegiatan PPL dan KKN Internasional ke Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Praktik mengajar dan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa semester tujuh ini dilaksanakan selama 23 hari (12 November - 6 Desember 2016), dan didampingi oleh satu dosen, Dirgantara Wicaksono.

Empat mahasiswi FIP UMJ tersebut adalah Intan Nur Tunggadewi, Anastasia Devina Oktaviani, Annisa Izzati Islam, dan Nafilla Latief.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMJ, Endang Zakaria yang ikut mengantar menyampaikan SIKK memiliki siswa terbanyak dan merupakan Sekolah Indonesia terbesar di luar negeri di antara 17 Sekolah Indonesia lainnya.

“SIKK memiliki lebih dari 700 siswa SD, SMP, dan SMA. SIKK membawahi lebih dari 128 Community Learning Center (CLC) yang tersebar di semua wilayah Sabah, Malaysia”, kata Endang Zakaria.

SIKK yang diwakili oleh Wakasek Bidang Kurikulum, Heri Purwanto menyambut baik kehadiran mahasiswa FIP-UMJ. Menurut Heri, mahasiswa akan mengajar di semua tingkat pendidikan, yaitu SD, SMP dan SMA yang kebanyakan siswanya adalah anak-anak warga Indonesia yang bekerja di Kota Kinabalu (KK).

Menurut Dekan FIP UMJ, Herwina Bahar kegiatan PPL-KKN Internasional ke Kota Kinabalu-Sabah ini merupakan rangkaian kegiatan kerjasama Internasional bidang pendidikan setelah 2 bulan lalu FIP UMJ juga mengirim mahasiswanya KKN/ PPL ke Johor Bahru, Malaysia dan Krabi, Thailand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement