Ahad 31 Mar 2013 22:07 WIB

LP3I Siap Cetak Wirausaha Muda

Rep: Ditto Papilanda/ Red: M Irwan Ariefyanto
Logo LP3I
Foto: LP3I
Logo LP3I

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sudah 24 tahun lamanya LP3I hadir ditengah-tengah penyelenggaraan pendidikan di Tanah Air.

Sudah jutaan tenaga kerja yang lahir dari didikan LP3I dan meramaikan pembangunan. Tetapi mulai 2013 ini, LP3I semakin serius dalam merancang masa depan lulusannya. Bukan sekedar mencetak pekerja profesional, LP3I menyatakan niatnya untuk menghasilkan lulusan wirausaha muda.Sebagai komitmen terbuka, hal tersebut disampaikan langsung kepada publik oleh sang pendiri LP3I, Dr Syahrial Yusuf di malam syukuran HUT LP3I ke-24 di Hotel Acacia, Jakarta, Jumat (29/3).

Malam itu, Syahrial juga merayakan hari ulang tahunnya yang ke-50. Selain dihadiri lulusan sukses LP3I dan tokoh pendidikan nasional, datang pula sahabat dekat Syahrial, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dan Ketua Partai Hanura Jend (Purn) Wiranto.

Untuk mewujudkan komitmen mencetak wirausaha muda, Syahrial menjelaskan, tahun ini LP3I menghadirkan 'Rumah Entrepreneur', sebuah tempat belajar kewirausahaan yang dihadirkan di seluruh kampus cabang LP3I se-Indonesia. Rumah Entrepreneur, yang diperuntukan pula bagi masyarakat, juga menjadi tempat yang tepat untuk membangun jaringan usaha atau networking."Rumah Entrepreneur akan dukung mereka jadi pengusaha. Target tahun ini, LP3I cetak 30 persen lulusannya jadi pengusaha," kata Syahrial.

Target ini meningkat dari jumlah lulusan LP3I yang saat ini tercatat baru 10 persennya saja yang menjadi wirausaha, dan sisanya merupakan lulusan profesi. "Tapi 95 persen lulusan LP3I pasti sudah bekerja."

Kehadiran Rumah Entrepreneur sekaligus memperkuat pengajaran materi entrepeneur yang diberikan selama dua semester. Sementara untuk mengaplikasikan konsep link and match antara lembaga pendidikan dan industri, Syahrial mengungkapkan bahwa pihaknya telah menggandeng 100 pengusaha yang tergabung di Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). "Sekarang kita sangat serius untuk mencetak lulusan wirausaha," tegas Syahrial.

HUT ke-24 LP3I juga dirayakan dengan melakukan roadshow di seluruh cabang LP3I se-Indonesia. Semangat membangun Young Entrepreneur di kalangan pelajar, mahasiswa dan alumni menjadi agenda besar roadshow ini.(adv)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement