Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

UNNES Latih Tim Penggerak PKK Seni Kanzashi dan Fotografi

Ahad 17 Oct 2021 12:41 WIB

Red: Agung Sasongko

Tim pengabdian kepada masyarakat LP2M UNNES mengadakan workshop.

Tim pengabdian kepada masyarakat LP2M UNNES mengadakan workshop.

Foto: istimewa
UNNES melatih Tim Penggerak PKK Seni Kanzashi dan Fotografi.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGGARAN -- Tim pengabdian kepada masyarakat LP2M UNNES mengadakan workshop “Peluang Bisnis Asesoris Berpola Kanzashi Bagi Ibu Rumah Tangga Berbahan Dasar Manik dan Pita : Solusi Kelesuan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung tatap muka terbatas, diikuti oleh 22 kader PKK perwakilan seluruh kelurahan di wilayah Kecamatan Ungaran Barat pada Kamis, (14/10)di Aula Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. 

Acara dibuka secara langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, yakni Fatmawati Lalu Maladi. Dalam sambutannya, beliau meengapresiasi Tim LP2M UNNES atas terselenggaranya kegiatan yang bermanfaat bagi ibu-ibu kader PKK. Ibu Camat berharap setelah acara tersebut, kader PKK bisa membagikan pengalamannya kepada anggota PKK di tingkat kelurahan dan menekuni keterampilan yang didapat karena potensial guna menambah penghasilan keluarga.

Baca Juga

Materi pertama tentang "Pembuatan Asesoris Berbahan Dasar Pita Satin dan Manik Mutiara Sintesis Dengan Pola Kanzashi” disampaikan oleh Retno Purnama Irawati, S.S., M.A. Pemateri menyampaikan mengenai: peluang bisnis asesoris di masa pandemi; teknik pembuatan asesoris pola kanzashi berbahan dasar pita satin dan manik mutiara sintesis; serta praktik langsung pembuatan asesoris.

Selanjutnya mengenai “Strategi Memasarkan Produk Secara Online” disampaikan oleh Winda Nur Lathifah, Monica Rahmawati, dan Febrina Ika Widyaningrum. Febrina Ika Widyaningrum menyampaikan teknik fotografi, Monica Rahmawati, menjelaskan teknik memotret produk hasil konektor masker dan bros. Teknik memotret yang diajarkan adalah memotret menggunakan kamera HP android. Febrina dan Monica menjelaskan perlunya memperhatikan pencahayaan dan latar belakang produk saat difoto agar menghasilkan foto yang menarik. Febrina menjelaskan teknik yang bisa dilakukan untuk mengedit foto menggunakan aplikasi Snapseed yang bisa diunduh melalui google playstore. Para peserta lalu mempraktekkan cara mengedit foto melalui HP. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA