Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

E-Commerce dan Peluang Guru Berbisnis Maksimalkan Smartphone

Sabtu 31 Jul 2021 01:45 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Maraknya e-commerce membuka peluang lebar untuk guru berbisnis. Ilustrasi e-commerce

Maraknya e-commerce membuka peluang lebar untuk guru berbisnis. Ilustrasi e-commerce

Foto: ANTARAAditya Pradana Putra
Maraknya e-commerce membuka peluang lebar untuk guru berbisnis

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Pertumbuhan e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup banyak dari 2019-2020. Karena itu, para guru SMA Negeri 14 Bekasi diharapkan bisa mengoptimalkan smartphone untuk mengembangkan bisnis.

Hal ini disampaikan dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Prima Dina Atika dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar secara daring oleh Universitas Bhayangkara (Ubhara) Jakarta Raya dan Universitas Islam 45 Bekasi pada Rabu (28/7).

Baca Juga

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, Prima berharap kedepannya para guru SMA Negeri 14 Bekasi tidak hanya menggunakan smartphone untuk bermedia sosial, tapi juga untuk mendukung kegiatan usaha atau bisnis. 

“Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada Guru SMA Negeri 14 terkait digital marketing, e-commerce dan pengoptimalan smartphone yang dapat mendukung dalam melakukan pemasaran secara online,” ujar Prima dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (30/7).

Materi pertama dalam kegiatan ini disampaikan Prima Dina Atika bersama beberapa dosen lainnya seperti Herlawati dan Tyastuti Sri Lestari. Mereka memberikan pengantar tentang digital marketing serta peranan smartphone untuk dioptimalkan dalam hal bisnis.

Materi selanjutnya lebih mengarah kepada praktik secara langsung tentang bagaimana cara memulai bisnis dengan memanfaatkan e-commerce, seperti Shopee, dan Tokopedia.

Materi tersebut dipaparkan Fata Nidaul Khasanah dan beberapa dosen sarjana komputer lainnya, seperti Rafika Sari, Endang Retnoningsing dan Rahmadya Trias handayanto.  

Dalam pemaparannya, Fata Nidaul Khasanah menjelaskan bahwa digital marketing memudahkan pebisnis memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen.

Sedangkan konsumen bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan cara menjelajah dunia maya sehingga mempermudah proses pencariannya.

“Salah satu jenis pemasaran online yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan platform e-commerce yang ada saat ini,” kata dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ini.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA