Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Pesta Demokrasi (online) di SMP IT Nurul Fikri Bogor

Sabtu 17 Apr 2021 21:14 WIB

Red: Hiru Muhammad

-Nurul Fikri Boarding School Bogor menggelar pesta demokrasi yang dilakukan setiap tahun ajaran. Kegiatan tersebut bertajuk Student Election 2021 dengan tagline “Your Voice, Your Choice”. Student election dirancang sebagai sarana untuk mengukur ketercapaian Leadership School II.

-Nurul Fikri Boarding School Bogor menggelar pesta demokrasi yang dilakukan setiap tahun ajaran. Kegiatan tersebut bertajuk Student Election 2021 dengan tagline “Your Voice, Your Choice”. Student election dirancang sebagai sarana untuk mengukur ketercapaian Leadership School II.

Foto: istimewa
Pada tanggal 30-31 Maret 2021 dilaksanakan pemungutan suara secara online.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Nurul Fikri Boarding School Bogor menggelar pesta demokrasi yang dilakukan setiap tahun ajaran. Kegiatan tersebut bertajuk Student Election 2021 dengan tagline “Your Voice, Your Choice”. Student election dirancang sebagai sarana untuk mengukur ketercapaian Leadership School II.

Selain itu kegiatan tersebut berfungsi untuk melaksanakan kedaulatan siswa, perwujudan hak asasi politik siswa, memilih ketua dan wakil organisasi siswa, melaksanakan pergantian ketua dan wakil organisasi secara damai, aman dan tertib secara konstitusional dan menjamin kesinambungan pembangunan rasa kepemimpinan siswa.

Dalam keterangan tertulis Nurul Fikri, Sabtu (17/4) disebutkan, student election tahun ini bertujuan untuk memilih ketua dan wakil ketua organisasi OSIS, Saintek dan SCOUT. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Student Election tahun ini dilaksanakan secara online. Namun hal tersebut tidak mengurangi semangat para pasangan calon (paslon) ataupun para pemilih.

Paslon dengan semangat mengikuti berbagai tahapan-tahapan yang ditetapkan oleh panitia. Diawali dengan Seleksi administrasi, wawancara, sharing session, kampanye online, dan pemungutan suara. Para paslon menunjukkan kreativitasnya untuk menarik para pemilih dengan membuat poster, video, live instagram ataupun live youtube. 

Pada tanggal 30-31 Maret 2021 dilaksanakan pemungutan suara secara online. Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 492 pemilih yang terdiri dari siswa/i SMP dan seluru dewan guru, staff, dan pimpinan NFBS Bogor. Sebanyak 95,12 persen DPT menyumbangkan hak pilihnya melalui e-voting yang dirancang khusus untuk memudahkan DPT memilih paslon pilihan mereka berdasarkan profil paslon, visi misi paslon, dan program unggulan masing-masing paslon, sehingga pemilih atau voter tidak merasa kesulitan untuk mengenal semua paslon sebelum menetapkan pilihan.

Pada tanggal 03 april 2021, puncak kegiatan yang dinantikan yaitu pengumuman hasil suara Quick count e-voting Student Election 2021. Acara tersebut dipandu oleh Nurul Rezki Awaliah, S.S. dan Syakhril Nur Arifin, S.Pd, dihadiri oleh semua paslon melalui Zoom Meeting, sedangkan Tim Sukses (timses) dapat menyaksikannya melalui Live Streaming Youtube. 

Student Election 2021 menetapkan ketua dan wakil ketua untuk organisasi OSIS, Saintek dan Scout. Ketua dan wakil ketua OSIS, SAINTEK, dan SAINTEK terpilih untuk periode 2021-2022 yaitu:

OSIS Tolib, M Iqbal Amrullah dan M Fattan Faydzulhaq, OSIS Tholibah, Vika Izdihar P dan Humayra Muharrama,  Saintek Tholib, M Abiddal dan Danish Orly A, Saintek Tholibah, Qotrunnada G dan Jahra Qatrunnada, Scout Tholib, Naufalino Ahmad S dan Alif Fathan H, Scout Tholibah, Virginita Dinda dan Adzkia Zahra I.

Organisasi yang kuat dipimpin oleh ketua yang hebat dan tim yang luar biasa. Bersinergi Bersama untuk Menyusun program unggulan sekolah sehingga mampu menjadikan Organisasi sekolah sebagai langkah awal untuk mengembangkan potensi dan mengasah bakat tiap individu yang terlibat dan ikut memberikan kontribusi. Pasangan terpilih diharapkan mampu menjadi mediator dan konseptor untuk organisasi sekolah yang lebih baik kedepannya. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA