Sabtu 27 Feb 2021 20:15 WIB

Jadi Nomor Satu di Dunia, UMM Disanjung Mendikbud

Prestasi ini dapat menjadi semangat untuk seluruh universitas Muhammadiyah

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: A.Syalaby Ichsan
Mendikbud RI, Nadiem Makarim
Foto: Kemendikbud RI
Mendikbud RI, Nadiem Makarim

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG --  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim baru-baru ini menyampaikan apresiasinya untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Hal ini lantaran UMM berhasil meraih peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank. 

“Saya Mendikbud Nadiem Makarim mengucapkan selamat kepada tiga perguruan tinggi Muhammadiyah yang telah berhasil menduduki 10 besar Top Islamic University versi UniRank, yakni Universitas Muhammadiyah Malang pada peringkat I, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada peringkat IV serta Universitas Muhammadiyah Surakarta pada peringkat XIII,” ujar dia dalam video singkat berdurasi sekitar satu menit.

 

Nadiem berharap, prestasi ini dapat menjadi semangat untuk seluruh universitas Muhammadiyah. Kampus bisa terus konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Dalam hal ini termasuk membawa nama baik Indonesia ke tingkat dunia.

 

“Maju terus pendidikan tinggi Muhammadiyah. Lanjutkan perjuangan untuk menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi secara profesional, sesuai perkembangan IPTEK berdasarkan nilai-nilai Islam untuk Indonesia  maju dan harum di kancah internasional,” ungkap dia.

 

Wakil Rektor I UMM, Prof Syamsul Arifin, mengatakan, capaian ini menjadi langkah  UMM untuk meraih rekognisi secara internasional sebagai upaya mewujudkan visi UMM 2030. Kemudian memperoleh pengakuan internasional dari berbagai lembaga pemeringkat, baik sertifikasi maupun akreditasi.

 

Menurut Syamsul, saat ini beberapa program studi (Prodi) di UMM yang telah meraih sertifikasi dan akreditasi internasional. Beberapa di antaranya Prodi Manajemen, Peternakan, Pendidikan Biologi (sertifikasi Asean University Network Quality Assurance) dan Teknik Industri (akreditasi Indonesian Accreditation Board for Engineering Education). Sementara itu, prodi lainnya juga tengah dalam proses internasionalisasi sehingga akan lebih banyak prodi yang terakreditasi secara internasional. 

 

"Ini sebagai penanda kalau kita akan terekognisi, sehingga dosen-dosen dengan mudah bisa berjejaring dan para alumni bisa diakui di level ASEAN, maupun internasional dan tentu saja nasional,” katanya dalam pesan pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (26/4).

 

Rektor UMM Fauzan menyampaikan terima kasihnya kepada sivitas akademika yang semangatnya tidak pernah redup dalam berkarya dan menjadikan UMM lebih baik. Terbukti, UMM mampu terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Pemeringkatan Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank ini didasarkan pada beberapa kriteria. Yakni, telah diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di negara yang bersangkutan. Kemudian menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (sarjana) atau gelar pascasarjana (magister atau doktoral). Lalu melakukan perkuliahan terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka dan non-jarak jauh. 

 

Adapun urutan sepuluh besar Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank antara lain Universitas Muhammadiyah Malang (Indonesia), Iran University of Science and Technology (Iran) dan Cairo University (Mesir). Berikutnya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Indonesia), Umm Al-Qura University (Saudi Arabia), Shahid Beheshti University of Medical Sciences (Iran), Universiti Islam Antarabangsa (Malaysia) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (Indonesia). Selanjutnya, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Indonesia), dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement