Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Legislator Setuju Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Asalkan..

Rabu 05 Aug 2020 11:19 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda

Foto: Dok Istimewa
Ketua Komisi Pendidikan DPR menyatakan anak-anak butuh suasana sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembelajaran tatap muka pada masa pandemi Covid-19 mulai disimulasikan di sejumlah sekolah. Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengaku setuju apabila skema pembelajaran tatap muka bagi siswa mulai disimulasikan.

Baca Juga

"Saya setuju, psikologis anak-anak butuh suasana sekolah," kata dia saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (5/8). 

Kendati demikian, Huda mengingatkan adanya hal-hal yang wajib diperhatikan dalam pelaksanaan simulasi itu. Huda menekankan, penerapan protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan secara ketat dan tidak bisa sembarangan. 

Dalam hal ini, peran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta dinas jajaran di bawahnya mutlak diperlukan. Politikus PKB ini mengatakan, Kemendikbud harus memastikan berjalannya level pemberian izin. 

Di samping itu, lanjut Huda, simulasi ini juga tidak boleh dipaksakan pada orang tua. Artinya, sah saja apabila ada orang tua yang tak berkenan anaknya menjalani pembelajaran tatap muka.

"Ketika orang tua siswa tidak mengizinkan anaknya sekolah, Kemendikbud melalui sekolah tetep memastikan pihak sekolah melayani melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ)," kata Huda menegaskan.

Sebagaimana diketahui, sejumlah kota sudah mulai melakukan persiapan pembelajaran tatap muka. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) berencana memulai kembali proses belajar mengajar secara tatap muka pada masa pandemi Covid-19. 

Sebanyak 21 SMP, baik itu swasta maupun negeri yang mewakili lima wilayah sekolah di Surabaya, disiapkan sebagai pilot project. 

Enam sekolah role model di Kota Bekasi jugamulai menjalankan simulasi pembelajaran tatap muka yang melibatkan siswa sejak Senin (3/8). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA