Senin 22 Apr 2019 11:50 WIB

UN 119 SMP Kab Bandung Masih Berbasis Kertas

Ketiadaan fasilitas seperti komputer dan letak geografis menjadi kendala UNBK

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani
Peserta ujian mengerjakan soal saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di SMPN 14 Bandung, Jalan Supratman, Kota Bandung, Senin (22/4).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Peserta ujian mengerjakan soal saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di SMPN 14 Bandung, Jalan Supratman, Kota Bandung, Senin (22/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bandung, digelar Senin (22/2) hingga Kamis (25/4). Sebanyak 322 sekolah negeri dan swasta mengikuti ujian, dengan jumlah siswa mencapai kurang lebih 44.207 jiwa.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Kabupaten Bandung, Maman mengungkapkan sebanyak 203 sekolah yang mengikuti ujian UNBK. Dengan jumlah siswa 32.418 jiwa. Sedangkan UNKP sebanyak 119 sekolah, dengan jumlah siswa 11.789 jiwa.

"203 sekolah yang mandiri UNBK dari negeri 33 sekolah dan swasta 109 sekolah. Sisanya bergabung ke SMA-SMK," ujarnya kepada Republika, Senin (22/4).

Sementara itu, sekolah yang masih ujian dengan UNKP disebabkan karena beberapa alasan seperti fasilitas komputer yang belum ada hingga letak geografis yang jauh sehingga tidak memungkinkan bergabung atau meminjam ke SMA maupun SMK serta sekolah diisi oleh sekolah lain.

"Kita bertahap (ke UNBK). Diantaranya ada sekolah yang masih kekurangan komputer sehingga meminjam laptop guru, ada juga yang punya siswa," katanya.

Ia menambahkan, penyelenggaraan UNBK SMP dilaksanakan empat hari. Mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement