Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

UBSI Edukasi Generasi Milenial Tentang Jurnalistik

Rabu 20 Mar 2019 10:49 WIB

Red: Agung Sasongko

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bekerja sama dengan portal berita online milenianews.com sukses menggelar workshop jurnalistik

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bekerja sama dengan portal berita online milenianews.com sukses menggelar workshop jurnalistik

Foto: istimewa
Pada pelatihan jurnalistik hadir 73 peserta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bekerja sama dengan portal berita online milenianews.com sukses menggelar workshop jurnalistik perdana tentang kepenulisan jurnalistik yang diselenggarakan di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa UBSI kampus Pemuda Jl. Kayu Jati V No.2, RT.9/RW.5, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. Senin (18/3).

 “Workshop kali ini dihadiri oleh Redaktur Senior Republika online, Irwan Kelana selaku pemateri. Dengan materi yang akan disampaikan mengenai mengenai cara menulis berita, penggunaan bahasa dalam berita juga editing berita” jelas Arina Selawati selaku ketua pelaksana kegiatan ini.

Arina menambahkan pada workshop kali ini peserta yang hadir sebanyak 73 peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar SMA/SMK Sederajat yang berada disekita UBSI kampus Pemuda.

“Gelaran workshop jurnalistik ini diselenggarakan dalam rangka Hut Ke-31 UBSI  serta untuk mencari pelajar dan mahasiswa yang ingin terjun dalam dunia jurnalistik dan nantinya tidak menutup kemungkinan menjadi Kontributor di milenianews.com” kata Arina

Lanjutnya, selain di UBSI Pemuda, kegiatan ini akan diselenggarakan di tiga kampus UBSI lainnya. Antara lain di  UBSI kampus Cengkareng pada tanggal 20 Maret 2019, UBSI kampus Jatiwaringin pada 25 Maret 2019 dan UBSI kampus Margonda yang akan diselenggarakan pada 27 Maret 2019.

“Menjadi jurnalis itu harus bermanfaat bagi orang banyak,memberi informasi yang benar kepada orang banyak, dan dapat menjaga kejujuran pada dirinya” ujar irwan dalam pemaparan materi.

Ia juga memaparkan mengenai dasar kepenulisan berita dimana unsur yang terpenting dalam berita adalah 5W+1H yang dijabarkan dari alasan tentang kejadian tersebut terjadi, What (Apa), Where (Dimana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa) dan How (Bagaimana).

“Intinya dalam berita adalah 5W+1H, namun yang membedakan dari setiap jurnalis adalah bagaimana cara ia memahami unsur tersebut dan menghidupkan tulisan itu,” papar irwan.

Selain itu Naba Aji Notoseputro selaku Ketua Pengurus Yayasan BSI menyampaikan tanggapannya mengenai kegiatan ini. Bahwa kegiatan workshop ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk diselenggarakan dikarenakan dampak positif yang bisa diterima oleh para pelajar dan mahasiswa.

“Saya berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian acara dalam memperingati HUT UBSI ke-31 dapat memotivasi dan memberikan pengetahuan kepada generasi milenial yang tertarik dengan dunia jurnalitik, agar dapat menjadi seorang jurnalis dimasa mendatang” tutup Naba.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA