Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Kemendikbud: Pelaksanaan UN Di Sentani Masih Dibahas

Selasa 19 Mar 2019 18:54 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Dampak Banjir Bandang Sentani. Warga mengungsi dari permukimannya yang dilanda banjir bandang di sekitar Danau Sentani, Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (19/3/2019).

Dampak Banjir Bandang Sentani. Warga mengungsi dari permukimannya yang dilanda banjir bandang di sekitar Danau Sentani, Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (19/3/2019).

Foto: Antara/Zabur Karuru
UNBK untuk SMK digelar pekan depan dan disusul koleh ujian UN SMA awal April nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melangsungkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMK pekan depan. Disusul koleh ujian untuk SMA pada awal April 2019. Sementara itu, Indonesia sempat dilanda beberapa kali bencana dan terakhir adalah banjir bandang di Papua.

Baca Juga

Terkait hal ini, menurut Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi, pihaknya masih membahas apakah ujian akan diundur atau tidak. Sebab, kejadiannya baru dan perlu koordinasi dengan pemerintah daerah setempat. "Untuk daerah terkena bencana, khususnya Sentani, Kemendikbud masih koordinasi. Karena kejadiannya baru," kata Bambang pada Republika.co.id, Selasa (19/3).

Sementara itu, untuk delapan kabupaten/kota yang terdampak bencana selain banjir bandang Sentani, ujian dilakukan sesuai jadwal. "Di daerah lain, Lombok, Sulawesi Tengah, Banten, Lampung, sudah dilakukan koordinasi dan sudah ada penetapan moda UN. Ada UNBK dan UNKP. Tidak ada jadwal khusus," kata Bambang menjelaskan.

Bahan ujian SMA dan SMK juga telah didistribusikan ke sekolah-sekolah yang akan melangsungkan ujian. Bambang mengatakan, simulasi dan gladi resik untuk mempersiapkan ujian juga telah dilakukan. "Persiapan UN 2019, Untuk UNBK, Puspendik melakukan gladi resik di beberapa daerah. Hari ini pelaksanaan gladi resik terakhir," kata dia.

Beberapa tahun terakhir, tepatnya sejak 2015, ujian berbasis komputer telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Tahun ini, ujian nasional untuk SMK akan berlangsung mulai 25 Maret 2019, dan untuk SMA/MA dimulai pada 1 April 2019.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA