Monday, 22 Ramadhan 1440 / 27 May 2019

Monday, 22 Ramadhan 1440 / 27 May 2019

Pemprov Lampung Siapkan Beasiswa Pariwisata

Selasa 01 Jan 2019 02:25 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil

Pariwisata Indonesia (ilustrasi)

Pariwisata Indonesia (ilustrasi)

Foto: Antara/Jojon
Jumlah kunjungan wisatawan ke Lampung mengalami kenaikan yang signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyiapkan beasiswa untuk belajar kepariwisataan di Program Studi Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Kuota yang disiapkan yakni 40 sumber daya manusia (SDM) pariwisata lulusan SMA untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi wisata di Lampung.

Kabag Humas dan Komunikasi Publika Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung Heriyansyah membenarkan pemprov menyiapkan SDM andal di bidang pariwisata, yang kelak akan mengembangkan dan meningkatkan potensi destinasi wisata di Lampung. Menurut dia, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo sangat konsen dengan destinasi wisata di Lampung.

“Menurut gubernur, pariwisata di Lampung harus berkembang dan maju. Kunjungan wisatawan sudah sangat bagus, maka perlu SDM yang berkualitas mengembangkannya. Beasiswa menjadi salah satu solusinya,” kata Heriyansyah di Bandar Lampung, Kamis (31/1).

Ia mengatakan, gubernur sangat menekankan SDM di bidang pariwisata lebih progresif agar kualitasnya meningkat maka perlu beasiswa untuk kuliah di program studinya. Mengenai tempat belajar kepariwisataan, Polinela memiliki kemampun untuk mencetak SDM di bidang wisata yang handal, apalagi sistem pembelajaran Bahasa Inggrisnya sangat baik.

Berdasarkan catatan dari Dinas Pariwisata Lampung, jumlah kunjungan wisatawan ke Lampung mengalami kenaikan yang signifikan pada tahun lalu. Tercatat sebanyak 13,4 juta wisatawan yang telah berkunjung ke Lampung tahun 2018. Terjadi peningkatan sekitar 8,98 juta selama empat tahun lalu. Pada tahun 2014, tercatat sebanyak 4,42 juta wisatawan yang berkunjung ke Lampung.

Meskipun pada akhir tahun 2018 terjadi penurunan karena bencana tsunami di pesisir selatan Lampung Selatan. Gubernur Lampung Ridho Ficardo berharap, pascatsunami pengembangan wisata di Lampung akan menggeliat lagi dengan berbagai tawaran program, termasuk pemberikan diskon khusus bagi hotel-hotel yang ada di Lampung hingga tiga bulan ke depan.

Pemprov Lampung telah melakukan kerja sama dengan Polinela terkait dengan pendirian program studi tersebut. Lulusan program tersebut akan berkontribusi pada tumbuhnya pariwisata di Lampung. Kalender program studinya sudah disiapkan termasuk dengan pembelajaran Bahasa Inggrisnya. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA