Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

UI Raih Peringkat 82 Kampus Terbaik di Negara Berkembang

Jumat 18 Jan 2019 18:42 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Rektor UI Muhammad Anis memberikan sambutan pada pembukaan acara Wakaf Goes to Campus di Kampus UI Salemba, Jakarta, Kamis (24/5).

Rektor UI Muhammad Anis memberikan sambutan pada pembukaan acara Wakaf Goes to Campus di Kampus UI Salemba, Jakarta, Kamis (24/5).

Foto: Republika/Prayogi
Pemeringkatan dilakukan terhadap 442 Perguruan Tinggi dari 43 negara berkembang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar Emerging Economies University Rankings 2019 melalui laman https://www.timeshighereducation.com. Kali ini, Universitas Indonesia (UI) berhasil menduduki peringkat ke-82 bersama dengan Beijing Institute of Technology. 

UI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam Top 100 Emerging Economies University Ranking. Pemeringkatan dilakukan terhadap 442 Perguruan Tinggi dari 43 negara berkembang di dunia.

Rektor UI Prof Muhammad Anis mengaku bangga dan bersyukur atas pencapaian tersebut. Menurut dia, pencapaian ini menjadi bukti atas prestasi UI di kancah internasional.

"Kami bangga menjadi Perguruan Tinggi di Indonesia yang berhasil meraih peringkat ke-82 dalam kancah pemeringkatan universitas terbaik di Negara Berkembang. Pencapaian ini adalah bukti bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya di dunia," kata Anis kepada Republika, Jumat (18/1).

Dengan prestasi ini, dia berharap, nama baik Pendidikan di Indonesia dapat terus dikenal oleh masyarakat dunia. Sehingga ke depan akan bertambah banyak jumlah mahasiswa asing yang ingin menikmati perkuliahan di negeri ini.

"Tentu saya harap ke depan semakin berprestasi, dan akan semakin banyak peminat mahasiswa asing," harap Anis.

Peringkat pertama Times Higher Education hingga ke-empat didominasi oleh Perguruan Tinggi dari Negara Republik Rakyat Cina, yaitu Tsinghua University, Peking University, Zhejiang University, dan University of Science and Technology of China. Sedangkan dari negara tetangga, Malaysia, sebanyak tiga Perguruan Tinggi berhasil masuk ke dalam jajaran Top 100 Universitas terbaik, yaitu University of Malaya peringkat ke-18, lalu Universiti Teknologi Petronas peringkat ke-80, dan Universiti Teknologi Malaysi peringkat ke-86.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA