Sabtu 24 Nov 2018 16:58 WIB

Mendikbud Dukung Upaya Perkaya Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter tidak bisa begitu saja diseragamkan tanpa kajian mendalam.

Mendikbud Muhadjir Effendy
Foto: Agus Yulianto/Republika
Mendikbud Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mendukung pendidikan karakter sesuai konteks budaya daerah masing-masing di banyak sekolah di Indonesia.

Dalam kunjungan kerjanya ke Papua, Muhadjir mengatakan setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing sehingga pendidikan karakter tidak bisa begitu saja diseragamkan tanpa kajian mendalam.

"Saya mendukung upaya lembaga-lembaga pendidikan swasta seperti yang di bawah lembaga Katholik ini untuk memperkaya pendidikan karakter sesuai konteks budaya daerahnya" kata Menteri saat menghadiri Hari Studi Majelis Nasional Pendidikan Katholik di Jayapura, Sabtu (24/11).

Dalam kesempatan itu, Mendikbud juga mengingatkan toleransi antarumat beragama yang harus dikedepankan di tengah masyarakat Indonesia yang sangat beragam.

'Tidak tepat mudah menuduh pihak lain intoleran karena semata mengenakan atribut simbolik tertentu. Jangan sampai niat memperjuangkan toleransi tapi terjebak pada sikap intoleransi. Perlu ada keterbukaan dan dialog mencari solusi bersama," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Nasional Pendidikan Katholik Romo Darmin mengapresiasi kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter.

"Kami berkeyakinan pendidikan karakter harus mengafirmasi realitas multikulturalisme bangsa. Tanah Papua ini mencerminkan keberagaman. Pendidikan yang mengabaikan budaya akan kehilangan pijakannya," kata pengurus Komisi Pendidikan Konferensi Waligereja Indonesia tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement