Rabu 26 Sep 2018 18:57 WIB

PGRI Purbalingga akan Luncurkan 125 Judul Buku

Buku-buku itu hampir seluruhnya ditulis oleh para guru.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
PGRI
PGRI

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Kegiatan memotivasi yang dilakukan PGRI Purbalingga, Jawa Tengah, pada para guru agar menulis buku, mulai membuahkan hasil. Hal ini dibuktikan dengan rencana PGRI untuk meluncurkan 125 buku yang hampir seluruhnya ditulis oleh para guru.

''Ke-125 buku tersebut, rencananya akan diluncurkan Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, bersamaan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila,'' jelas Ketua PGRI Purbalingga, Sarjono, Rabu (26/9).

Ia menyebutkan, selain karya para guru, di antara 125 buku tersebut, juga ada beberapa buku yang merupakan hasil tulisan Brillianti Ardelia Sahda, siswi kelas VI SD Negeri 2 Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Buku karya siswa SD ini, merupakan buku kumpulan puisi,  berjudul 'Lonceng Puisiku'.

Sarjono menyatakan, peluncuran buku tersebut merupakan hasil dari berbagai kegiatan motivasi yang dilakukan pihaknya. Sebelumnya, PGRI telah dua kali menyelenggarakan pelatihan menulis buku bagi kalangan guru dengan jumlah peserta seluruhnya sebanyak 430 orang.

''Alhamdulillah, kegiatan ini ternyata tidak sia-sia. Hasil pelatihan mulai membuahkan hasil dengan diluncurkan 125 buku karya para guru. Bahkan ada yang sudah menulis sampai empat buku,'' katanya.

Sarjono mengatakan, buku-buku yang akan diluncurkan terdiri dari beragam jenis. Ada buku jenis tulisan ilmiah populer, antologi puisi, cerpen, cerita cekak, kajian keagamaan, autobiografi, buku pengayaan pendidikan, dan buku penunjang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Adapun guru yang menghasilkan buku, berasal dari guru dari berbagai tingkat pendidikan. Ada yang merupakan guru PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA.

''Kami berharap, para kepala sekolah bisa memberikan apresiasi atas buku-buku hasil karya para guru, dengan mengalokasikan dana BOS untuk membeli buku mereka,'' ujarnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement