Senin 07 May 2018 16:05 WIB

Lomba Cerdas Cermat Kenalkan Dunia Maritim kepada Siswa

Peserta lomba terdiri dari 24 regu SLTA dan 18 regu SLTP sederajat DIY.

Lomba cerdas cermat kemaritiman.
Foto: Dokumen.
Lomba cerdas cermat kemaritiman.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Museum Bahari Yogyakarta bekerja sama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menggelar Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Tingkat SLTP dan SLTA Sederajat Se-DIY. Kegiatan itu dalam dalam upaya mengenalkan dan mencintai dunia kemaritiman kepada generasi muda, khususnya pelajar, serta dalam rangka Peringatan HUT ke-9 Museum Bahari Yogyakarta.

Lomba ini memperebutkan Piala Laksamana TNI (Purn) Dr Marsetio (kepala Staf TNI Angkatan Laut tahun 2012-2015), dengan mengusung tema ‘Mengenal Dunia Maritim Indonesia’. Selaku ketua panitia yakni Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) R Haryo Wiji Pratomo.

Pembukaan Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Se-DIY dihadiri langsung oleh Laksamana TNI (Purn) Dr Marsetio, Laksamana Madya TNI (Purn) Yosafat Didik Heru Purnomo selaku Pembina Museum Bahari Yogyayakarta, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, di Hall A dan B hotel Dermaga Keluarga Jalan Ambarbinangun No 470 Sonosewu Baru, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (5/5).

Adapun peserta lomba terdiri dari 24 regu SLTA dan 18 regu SLTP sederajat DIY. Laksdya TNI (Purn) Yosefat Didik Heru Purnomo selaku Pembina Museum Bahari Yogyakarta menyampaikan pelaksanaan lomba cerdas cermat kemaritiman tahun 2018 adalah kegiatan yang kedua. Menurutnya, hal ini merupakan bukti semangat dan kecintaan akan dunia maritim Indonesia.

“Tidak ada negara besar di dunia yang tidak menguasai laut dan sejarah membuktikan bahwa negara kita juga pernah mencapai kejayaan maritim pada era Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit,” jelasnya.

Ia menekankan, yang terpenting bukan soal kalah menang dalam lomba cerdas cermat kemaritiman. “Namun bagaimana kita berupaya bersama-sama dalam membangun dan membesarkan semangat mencapai kejayaan maritim kembali,” kata dia, dalam siaran pers.

Laksamana TNI (Purn) Dr Marsetio, menegaskan bahwa Presiden Jokowi sebagai pPesiden ke 7 Republik Indonesia membangun proyeksi kesejahteraan rakyat Indonesia dengan konsep bertumpu pada visi misi penguasaan maritim dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Upaya itu dilaksanakan dengan lima pilar maritim yakni budaya maritim, sumber daya maritim, konektifitas dan infrastruktur maritim, diplomasi maritim, dan pertahanan maritim,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dialog dengan peserta lomba dan guru pendamping serta menyaksikan sesi perdana lomba cerdas cermat tingkat SLTP di lantai 2 Hotel Dermaga Keluarga. Keluar sebagai pemenang dalam lomba cerdas cermat ini yakni peserta SMA N 1 Semanu.

"Kami jajaran Lanal Yogyakarta siap menggelorakan semangat dan wawasan maritim generasi muda wilayah Yogyakarta," kata Danlanal Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement