Kamis 05 Apr 2018 09:41 WIB

Sekolah 'Sang Pemimpi' tak Terpengaruh Isu Komunisme di Cina

Pelajar SMA 1 Gantung Belitung Timur melakukan kunjungan ke Cina.

[ilustrasi] Pelajar tingkat SMU di Beijing, Cina.
Foto: AP/Alexander F. Yuan
[ilustrasi] Pelajar tingkat SMU di Beijing, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Isu komunisme dianggap tidak memengaruhi minat para siswa SMA Negeri 1 Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, untuk melanjutkan studi mereka ke Cina. Pihak SMA Negeri 1 Gantung mengaku mendengar adanya isu dari media massa di Indonesia bahwa para pelajar asal Indonesia di Cina mendapatkan pelajaran ideologi komunis.

"Sama sekali isu itu tidak memengaruhi keinginan anak didik kami. Makanya kami tidak ragu mendukung anak didik kami melanjutkan pendidikan di sini," kata Kepala SMA Negeri 1 Gantung Sabarudin, di Beijing, Cina, Kamis (5/4).

"Kalau terpengaruh isu itu, kami tidak akan ke sini," ujarnya di sela-sela mendampingi anak-anak didiknya mengunjungi Negeri Tirai Bambu selama sepekan itu. Sabarudin yang mengajar bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan itu mengemukakan bahwa komunisme perlu dipelajari, namun tidak untuk diamalkan.

"Bagi saya sebagai tenaga pengajar, komunisme perlu dipelajari sebagai ilmu pengetahuan, tapi tidak untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia," kata Sabarudin.

Menurut dia, sistem pendidikan di Cina sudah sangat maju. Oleh sebab itu, dia tidak khawatir anak didiknya belajar di negara berpenduduk terbesar di dunia yang berdiri sejak 5.000 tahun yang lalu itu.

"Pendidikan di Cina menurut hemat saya, aman, murah, dan memiliki prospek," kata pemimpin lembaga pendidikan yang berhasil melahirkan penulis kenamaan Andrea Hirata. Sekolah itu pun dikenal karena menjadi latar cerita dari novel berjudul 'Sang Pemimpi' yang juga diangkat ke layar lebar itu.

Sabarudin bersama anak didiknya selama di Beijing pada 1-6 April 2018 itu berkesempatan mengunjungi Kedutaan Besar RI. Mereka juga bertemu para pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) untuk mendapatkan informasi  mengenai sejumlah perguruan tinggi di Cina yang bakal menjadi tujuan pendidikan anak didiknya selepas SMAN 1 Gantung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement