Sabtu 31 Mar 2018 17:52 WIB

UMM Siapkan SDM untuk Profesi Kreatif

Pendidikan vokasi mempersiapkan sumber daya manusia yang sesuai kebutuhan industri.

UMM siapkan SDM untuk profesi kreatif.
Foto: Humas UMM
UMM siapkan SDM untuk profesi kreatif.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kebutuhan sumber daya manusia dengan keterampilan khusus dalam memenuhi kebutuhan industri terus dilahirkan oleh lulusan Pendidikan Vokasi. Lulusan Pendidikan Vokasi dinilai lebih mumpuni karena lebih banyak melaksanakan praktik dari pada teori.

Kesadaran akan hal tersebut membuat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersiap untuk merancang Lembaga Pendidikan Vokasi. Hadir dalam gelaran diskusi perancangan Pendidikan Vokasi, Ananto Kusuma Seta yang menyampaikan bahwa di Indonesia saat ini membutuhkan sumber daya manusia dalam bidang tertentu yang dituntut memiliki kualifikasi keterampilan secara terpusat.

"Saat ini reformasi industri menuntut banyak hal pada setiap sumberdaya manusia salah satunya kualifikasi keterampilan secara khusus," jelas Staff Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini.

Dalam perannya, pendidikan vokasi mempersiapkan sumber daya manusia yang benar-benar sesuai kebutuhan industri. Selain itu, sumberdaya manusia yang dididik melaluI pendidikan vokasi telah memenuhi kebutuhan keterampilan industri seperti lebih memahami teknis, managerial dan praktik di lapangan. "Lulusan vokasi adalah sumberdaya manusia yang lebih melek dengan keadaan lapangan," terang Ananto.

Rektor UMM Fauzan menyatakan rencana pendirian pendidikan vokasi di UMM adalah sebagai tindak lanjut dari beberapa program studi di UMM yang sudah lebih dahulu melakukan kerja sama. Saat ini program kerja sama tersebut masih dalam bentuk praktik lapang yang tujuannya juga sebagai bekal mahasiswa untuk memperoleh peningkatan keterampilan sesuai bidang keahlian masing-masing.

"Rencana didirikannya lembaga pendidikan vokasi ini sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama-kerja sama dalam bidang peningkatan keterampilan bagi mahasiswa," terangnya.

Sementara itu, Lembaga Pendidikan Vokasi yang akan dibuka oleh UMM akan menjadi lembaga pendidikan vokasi pertama yang dimiliki perguruan tinggi swasta di Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement