Jumat 30 Mar 2018 23:00 WIB

Agar Lulus UN, Anak Panti Binaan Dinsos Gelar Doa Bersama

Ini merupakan kebiasaan yang rutin dilakukan setiap tahun ketika menjelang UN.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Endro Yuwanto
  Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).   (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak binaan Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 menggelar doa bersama menjelang ujian nasional (UN) yang sebentar lagi berlangsung. Doa bersama ini didampingi para pengasuh pada Kamis (29/3).

"Doa bersama ini untuk menyiapkan mental dan spiritual anak-anak. Selain melakukan usaha dengan mengikuti bimbingan belajar, anak-anak juga berdoa dan menyerahkan hasil usaha mereka kepada Yang Maha Kuasa," ujar Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Ucu Rahayu dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (30/3).

Peserta doa bersama ini merupakan anak asuh di SMK atau SMA kelas 12 dan SMP kelas 9 yang akan mengikuti UN. Tahun ini, UN berlangsung pada tanggal 2, 3, 4, 5 April untuk tingkat SMK dan bagi siswa SMA dimulai tanggal 9 April. Sedangkan untuk sisa SMP akan berlangsung pada 23 April. "Rangkaian kegiatan UN ini menjadi perhatian para pengasuh dan anak asuh dalam persiapannya," kata Ucu menjelaskan.

Doa bersama ini merupakan kebiasaan yang rutin dilakukan setiap tahun ketika menjelang UN. Anak asuh diharapkan siap secara mental dan spiritual. "Bekal agama juga kami persiapkan, agar anak-anak kami diberikan kemudahan dalam menjawab soal dan senantiasa dalam ketenangan saat menghadapi ujian," ujar Ucu.

Ucu melanjutkan, doa bersama ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan Pengajian Yasin pada malam Jumat. Karena menurutnya, kegiatan ini merupakan hal yang positif dan akan terus dilakukan. "Semoga hal yang baik akan terus menjadi kebiasaan di panti," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement