Rabu 21 Mar 2018 21:55 WIB

Purbalingga Kirim 48 Pelajar SLTA Ikuti Olimpiade Sains

SMA N 1 Purbalingga bisa meloloskan 21 siswanya untuk mengikuti OSP

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Olimpiade Sains, ilustrasi
Olimpiade Sains, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  PURBALINGGA -- Sebanyak 48 siswa yang tersebar di beberapa SMA/MA di Kabupaten Purbalingga, akan mengikuti Olimpiade Sains tingkat Provinsi (OSP) yang digelar 16-19 April mendatang di Semarang. Ke-48 siswa yang lolos mengikuti OSP tersebut, sebelumnya telah mengikuti Olimpiade Sains tingkat Kabupaten (OSK).

Namun dalam hal perangkingan yang berhak mengikuti OSP, menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Purbalingga, Kustomo, bukan ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten. Melainkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, karena sekolah tingkat SMA saat ini berada di bawah tanggung jawab Pemprov.

Dari perankingan yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, ada 48 pelajar di Purbalingga yang lolos mengikuti OSP. Dari 28 pelajar tersebut, 1 siswa mengikuti OSP untuk mata pelajaran Matematika, 7 orang untuk mata pelajar Biologi, 4 orang bidang Kimia, 2 orang bidang Fisika, 3 orang bidang Komputer, 8 orang bidang Kebumian, 9 orang bidang Astronomi, 8 orang bidang Ekonomi, dan 6 orang bidang Geografi.

''Dari jumlah pelajar sebanyak itu, SMA N 1 Purbalingga bisa meloloskan 21 siswanya untuk mengikuti OSP,'' jelasnya.

Salah satu guru pembimbing (Mapel) Kimia di SMA N 1 Purbalingga, Hesti Riani Salasati, menuturkan pencapaian yang telah dirah saat ini merupakan kerja keras semua pihak mulai, terutama dari kalangan anak didiknya yang memiliki antusiasme tinggi untuk mengikuti olimpiade sains. ''Minat belajar siswa sangat tinggi. Hal itulah yang membuat siswa SMA N 1 Purbalingga mampu meraih prestasi,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement