Jumat 20 Oct 2017 16:41 WIB

Sambut Hari Pangan, Afkaaruna Gelar Kompetisi Memasak

Afkaaruna Islamic School
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Afkaaruna Islamic School

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Afkaaruna Islamic School akan menggelar kompetisi memasak (cooking competition) antar orang tua siswa, Sabtu (21/10). Acara tersebut dilakukan untuk menyambut harga pangan sedunia yang jatuh pada 16 Oktober lalu. Tema dari kompetisi memasak nanti adalah pangan berbahan lokal untuk menyiapkan bekal makanan sehat bagi anak sekolah.

"Gagasan ini diharapkan bisa menginspirasi orang tua, sekolah atau madrasah, dan lingkungan sekitarnya untuk memanfaatkan bahan pangan di sekitarnya sehingga bisa digunakan untuk membekali anak dalam menuntut ilmu, mendukung pola makan sehat dan halal dari pangan lokal, serta mendukung kesehatan anak pada umumnya," ujar ketua panitia cooking competition Afkaaruna, Luluk Kurnianingsih, kepada Republika, Jumat (20/10).

Wanita yang akrab disapa Luluk tersebut mengungkapkan tema tersebut dipilih karena akhir-akhir ini para orang tua siswa menyadari bahwa jajanan anak sekolah di Indonesia ternyata kurang memperoleh perhatian, baik dari orang tua sendiri maupun lingkungan sekitar. 

Ia memaparkan, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010, sekitar 70 persen anak usia sekolah kurang mendapat asumsi energi yang dibutuhkan. Anak usia sekolah juga mengkonsumsi protein kurang dari yang dibutuhkan. "Persentase kurang protein kira-kira 80 persen. Akibatnya, penyerapan ilmu selama sekolah tidak maksimal," kata Luluk.

Salah seorang orang tua siswa, Wasingatu Zakiyah, mengungkapkan akibat kurang mendapatkan asumsi energi yang dibutuhkan anak-anak sekarang menjadi susah konsentrasi, cenderung malas, sering menguap, dan tidak kreatif dalam mencari pemecahan masalah. 

Selain itu, kata dia, masalah lain yang muncul adalah kelebihan berat badan (obesitas). Hal ini dipicu karena anak banyak mengonsumsi makanan tak bergizi seperti junk food dan minuman cepat saji. "Aktivitas fisik dan gaya hidup kurang gerak memberi kontribusi signifikan terhadap meningkatnya prevalensi kronis seperti diabetes dan kondisi jantung," ujar wanita yang akrab disapa Zaki 

Lomba memasak nanti akan digelar mulai Sabtu pagi pukul 09.30 WIB hingga 11.30 WIB di kompleks Primary Afkaaruna Islamic School di Jalan Kaliurang KM 12,5, Dusun Pelem 04/24, Harjobingangun, Pakem, Sleman. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement