Kamis 20 Oct 2016 10:41 WIB

Badan Bahasa Siapkan 263 Cerita Dukung Literasi

Koleksi buku-buku bacaan untuk anak (ilustrasi)
Koleksi buku-buku bacaan untuk anak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini telah mengirimkan 263 buku cerita untuk dinilai oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Buku tersebut akan menjadi bahan bacaan untuk mendukung penumbuhan budi pekerti bagi peserta didik lewat budaya literasi.

"Tahun ini Badan Bahasa ditugasi dalam pengayaan bahan literasi terkait dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti melalui gerakan literasi. Kami telah menyiapkan ratusan judul cerita rakyat untuk mendukung hal itu," kata Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Dadang Sunendar pada Musyawarah Sastrawan Nasional di Jakarta, Kamis (20/10).

Buku cerita rakyat tersebut ditujukan khususnya bagi siswa sekolah dasar. Tujuannya agar sejak dini mereka gemar membaca. "Karena gerakan literasi tersebut tidak mengharuskan siswa membaca nonfiksi tetapi buku fiksi, baik buku cerita maupun karya sastra lainnya," katanya.

Gerakan Literasi Sekolah dilaksanakan melalui kegiatan membaca buku 15 menit sebelum belajar. Gerakan ini perlu digaungkan karena fungsi bahasa yang paling dasar selalu terlupakan, yakni untuk membentuk akal budi penuturnya.

Gerakan itu akan diterapkan dengan cara membagikan buku paket bacaan berupa cerita rakyat. Bacaan jenis ini dinilai tidak hanya menghibur, tapi juga mendidik.

Kegiatan ini juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan tingkat budaya literasi. Dalam beberapa survei lembaga internasional, Indonesia berada dalam posisi yang tidak menggembirakan. Pada 2016 posisi Indonesia menempati urutan ke-60 dari 61 negara, satu tingkat di atas Botswana. "Ini artinya kecepatan membaca sangat rendah dan menyimak bacaan sangat rendah," ujarnya.

Dadang mengatakan, pihaknya telah meminta beberapa balai bahasa di setiap provinsi untuk menguatkan perpustakaan. Bila perlu, balai bahasa lebih baik dibanding perpustakaan lainnya di daerah tersebut. "Jika orang ingin mencari buku sastra dan bahasa maka balai bahasalah tempatnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement