Selasa 26 Jul 2016 06:00 WIB

Rektor UPI: Indonesia Bermutu Sangat Diperlukan

Suasana acara Refleksi Pendidikan indonesia Bermutu di Bandung, Jawa Barat, Ahad (24/7/2016).
Foto: Dok IB
Suasana acara Refleksi Pendidikan indonesia Bermutu di Bandung, Jawa Barat, Ahad (24/7/2016).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rektor Universitas Pendikan Indonesia (UPI)  Prof  Furqon  PhD mengatakan faktor kunci untuk mewujudkan Indonesia yang bermutu adalah guru yang bermutu. Menurut Furqon, guru yang bermutu dihasilkan dari suatu proses  sistemis dan sistematis dan perlu didukung oleh kebijakan negara yang sangat masif dan serius dari mulai rekruitmen calon mahasiswa keguruan, seleksi calon guru, dan pembinaan karir guru.

 

Semua kebijakan, program, dan kegiatan terkait guru bermutu harus dilakukan dengan totalitas, serius, dan melibatkan seluruh komponen bangsa seperti IndonsiaBermutu, tambah Furqon.

"Negara yang makmur dan maju selalu didahului dengan oleh pendidikan yang bermutu, dan pendidikan bermutu dihadirkan melalui guru bermutu," ungkap Furqon saat menyampaikan Refleksi Pendidikan Indonesia Bermutu di Bandung, Ahad (24/7/2016).

Refleksi Indonesia Bermutu kali ini dihadiri seluruh peneliti Indonesia Bermutu dan Kepala Dinas Pendikan Provinsi Jawa Barat Dr  Asep Hilman. Saat memberikan refleksi pendidikan di Jawa Barat, Asep Hilman menyampaikan bahwa Jawa Barat memiliki komitmen menjadi Provinsi Pertama, Provinsi Terbaik, dan Provinsi Kahiji dalam hal pencapaian mutu pendidikan.

Menurut Asep, pendidikan di Jawa Barat harus menjadi nomor kahiji  (nomor satu) dalam hal intelektual dan moral. Untuk itu, Asep mengaharapkan Indonesia Bermutu menjadi mitra Jawa Barat dalam mewujudkan Jawa Barat Bermutu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement