Selasa 08 Mar 2016 02:03 WIB

Indonesia Punya Sekolah Animasi Berstandar Internasional

SMK
SMK

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan animasi yang dilengkapi dengan studio animasi berstandar internasional.

Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H. Serad saat ditemui usai peresmian studio animasi di SMK Raden Umar Said mengatakan Djarum Foundation menggandeng Autodesk dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation untuk mewujudkan studio berkelas dunia di SMK tersebut.

Nantinya, selain studio dan perlengkapannya, disiapkan pula kurikulum kejuruan animasi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan animasi saat ini, yakni pembuatan film animasi tiga dimensi.

Kerja sama dengan Autodesk dilakukan untuk menghadirkan piranti lunak Autodesk Maya yang selama ini digunakan dalam pembuatan film animasi dunia seperti "Frozen" dan "Finding Nemo".

Program kejuruan animasi di SMK tersebut juga didukung praktisi yang dikenal dalam industri animasi dunia, salah satunya pengajar tamu yang berpengalaman sebagai animator di Walt Disney Animation Studio untuk memberikan pengetahuan praktis dalam pembuatan film animasi dunia.

Dengan dibantu guru pembimbing, kata dia, para siswa sekolah tersebut mampu menunjukkan keterampilan mereka dalam membuat suatu trailer film animasi berjudul "Pasoa dan Sang Pemberani". Film tersebut bercerita tentang seekor hewan mitologi bernama pasoa yang berwujud paduan dari beberapa hewan di Indonesia.

"Kehadiran dia untuk melindungi kekayaan hayati di Indonesia," ujarnya.

Film animasi karya siswa SMK itu akan ditayangkan di satu televisi swasta nasional pada Juli 2016.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement