Senin 18 Jan 2016 12:14 WIB

SMK Cakra Nusantara Jadi SMK Berbasis Siber Pertama di Depok

Para siswa SMK Cakra Nusantara tengah belajar di kelas.
Foto: Irwan Kelana/Republika
Para siswa SMK Cakra Nusantara tengah belajar di kelas.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – SMK Cakra Nusantara yang berlokasi di Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat, menjadi SMK berbasis siber pertama di Kota Depok.

“Sejak tahun ajaran 2014/2015, SMK Cakra Nusantara menerapkan sistem pendidikan berbasis siber, dan menjadi SMK pertama di Kota Depok yang berbasis siber,” ungkap Kepala SMK Cakra Nusantara Muhsin Haris, Senin (18/1).

Mushin menjelaskan, SMK Cakra Nusantara telah melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) dengan sistem online. “Para siswa mengikuti ujian tersebut dengan menggunakan gadget atau laptop,” tuturnya.

Mushin menjelaskan, mulai tahun ajaran 2016/2017, SMK Cakra Nusantara mengadakan kelas khusus digital. “Semua kegiatan belajar-mengajar menggunakan information technology (IT),” ujarnya.

Muhsin mengemukakan, SMK Cakra Nusantara fokus pada pendidikan berbasis siber karena sesuai dengan kompetensi keahlian yang diajarkan. “Kompetensi keahlian yang dibuka di SMK Cakra Nusantara adalah teknik komputer dan jaringan (TKJ). Karena itu, menjadi penting untuk menerapkan kegiatan belajar-mengajar yang berbasis siber,” papar Muhsin Haris.

SMK Cakra Nusantara, kata Muhsin, memiliki fasilitas  antara lain laboratorium komputer, wifi/internet, dan laboratorium IPA. “Saat ini kami tengah menyiapkan laboratorium mikrotik,” ungkapnya.

Mushin mengungkapkan, unit usaha Sekolah Cakra Nusantara pun berbasis siber. “Unit usaha tersebut melayani pemasangan wifi atau internet sejumlah sekolah yang ada di Depok maupun masyarakat yang memerlukan jasa internet,” kata Muhsin Haris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement