Selasa 04 Aug 2015 13:03 WIB

2.772 Siswa Madrasah se-Indonesia Berkompetisi di Aksioma 2015

Rep: Maspril Aries/ Red: Djibril Muhammad
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) bersama Pelaksana tugas KPK Taufiequrachman Ruki di kantor KPK,Jakarta, Kamis (25/6). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) bersama Pelaksana tugas KPK Taufiequrachman Ruki di kantor KPK,Jakarta, Kamis (25/6). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Senin malam (3/8) membuka Ajang Kompetensi dan Olahraga Siswa Madrasah (Aksioma) 2015 dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) serta Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diikuti sekitar 3.000 siswa madrasah dan guru pendamping dari seluruh Indonesia.

Pembukaan yang berlangsung di PSCC (Palembang Sport Convention Centre) dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Ishak Mekki berlangsung meriah dengan berbagai atraksi dan hiburan yang melibatkan siswa madrasah dari beberapa sekolah di Palembang dan daerah lain di Sumsel.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ajang Aksioma menjadi media bagi siswa madrasah untuk meraih prestasi. Sebab selama ini ajang kompetisi yang sama untuk sekolah umum, madrasah kerap tidak dilibatkan.

"Karena itu Kementerian Agama memandang perlu dibuat kompetisi positif ini. Diharapkan bisa memacu prestasi tidak hanya di bidang seni dan budaya tetapi juga di bidang olahraga," katanya.

"Ajang kompetisi bagi siswa madrasah  mampu meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan daya saing bagi siswa- siswi madrasah se Indonesia sekaligus sebagai sarana bagi siswa- siswi madrasah untuk meningkatkan kemampuannya," katanya menambahkan.

Mengenai dipilihnya Palembang sebagai tempat penyelenggaraan Aksioma 2015 Menteri Agama menjelaskan,  karena daerah ini memiliki fasilitas dan venue yang lengkap.

"Apalagi kota ini sudah berpengalaman menyelenggarakan pertandingan olahraga tingkat nasional dan internasional. Kami apresiasi terhadap Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan atas penyelenggaraan kegiatan ini," katanya.

Sementara itu Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nurcholis Setiawan kegiatan Aksioma – KSM  dan LKTI 2015 diikuti oleh peserta siswa madrasah dari seluruh Indonesia lebih kurang 2.772 peserta termasuk siswa dan pendamping dari 33 Provinsi di Indonesia. 

Ribuan siswa-siswi madrasah yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia akan berkompetisi sejak 3–7 Agustus 2015. Untuk kegiatan Kompetisi Sain Madrasah (KSM) diikuti 363 siswa, kegiatan Aksioma diikuti 1.683 siswa dan LKTI diikuti 18 orang siswa.

Menurut Kasubag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag Sumsel) Saefudin Latief, pada KSM dan Aksioma kali ini juga berlangsung kegiatan expo madrasah yang diikuti 66 peserta. "Jadi total peserta KSM, Aksioma, LKTI dan expo madrasah sebanyak 2.856 peserta dari seluruh Indonesia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement