Sabtu 24 Jan 2015 04:24 WIB

Unhas Buka Program Studi Baru

Universitas Hasanudin
Foto: .
Universitas Hasanudin

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Hasanuddin, Makassar membuka program studi baru untuk Strata dua (S2) yaitu program Magister Agroteknologi.

"Program Magister Agroteknologi ini memberikan basis keilmuan yang lebih kuat dari segi budidaya tanaman dan secara lebih spesifik membahas rekayasa teknologi dan potensi pengembangannya untuk meningkatkan produktivitas tanaman," kata Ketua Program Studi Magister Agroteknologi Rinaldi Sjahril Ph.D di Makassar, Jumat (23/1).

Program ini, kata dia, ditujukan bagi lulusan S1 yang ingin memperdalam ilmu, keahlian dan kompetensi di bidang budidaya tanaman dengan pemanfaatan teknologi modern baik yang sederhana maupun canggih, khususnya terkait pengembangan teknologi rekayasa dan bioteknologi di bidang ini.

Rinaldi mengatakan saat ini dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang memiliki cara pandang yang "out of the box" untuk menjawab tantangan di sektor pertanian.

Menurut Rinaldi, dibutuhkan SDM yang kompeten yang melihat tanaman sebagai subjek untuk dikembangkan, misalnya dengan pengembangan teknologi perbaikan benih, tanaman dan produksi, bahkan pemuliaantanaman, pemuliaan mutasi (nuklir dan berkas ion) serta bioteknologi tanaman.

"Intinya, bagaimana tanaman akan kita utak atik (rekayasa) dengan menggunakan teknologi modern. Tanaman yang dimaksud juga bukan hanya komoditas yang biasa kita kenal tetapi juga pada tanaman-tanaman terlupakan, terabaikan dan kurang dimanfaatkan. Disinilah peranan Magister Agroteknologi untuk mampu menyediakan SDM dengan kompetensi itu," ujarnya

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement