Selasa 08 Jul 2014 17:55 WIB

Indonesia Raih Medali Emas Festival Seni Asia-Pasifik

Medali emas/ilustrasi
Medali emas/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia berhasil meraih medali emas dalam Festival Seni SMA tingkat Asia Pasifik di Tokyo, Jepang, lewat desain poster karya Angger Putri, siswa SMAN 1 Rembang, Purbalingga.

"Indonesia dapat emas di festival seni di Tokyo, Jepang," kata Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemdikbud Prof Dr Ir Achmad Jazidie di Jakarta, Selasa (8/7).

Angger yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia meraih medali emas dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) kategori desain poster. Selain Angger, ada 34 siswa SMA yang menjadi delegasi Indonesia dalam ajang olimpiade internasional yang dilepas Kemendikbud, Rabu (2/7).

Mereka bertanding dalam Olimpiade Matematika Internasional (IMO) di Capetown Afrika Selatan, Olimpiade Fisika Internasional di Kazakhstan, Olimpiade Informatika di Taiwan, Olimpiade Kimia di Vietnam, Olimpiade Astronomi di Rumania, Olimpiade Kebumian di Polandia dan Olimpiade Biologi di Bali.

Sebagian olimpiade seperti Olimpiade Matematika dan Olimpiade Biologi sudah berlangsung, sementara sisanya baru diselenggarakan pada pertengahan Juli hingga Agustus 2014.

Jazidie memastikan para siswa yang mewakili Indonesia bertanding di olimpiade internasional sudah siap mengerahkan kemampuannya untuk mengharumkan nama bangsa. "Kalau bicara dengan pendamping dan siswa, mereka semangat sekali. Itu bisa jadi indikator kesiapan mereka," kata dia.

Sementara itu, Kemendikbud juga sedang mempersiapkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Nusa Tenggara Barat, pada 1-7 September 2014. Jazidie mengatakan persiapan OSN 2014 tersebut sudah matang.

"Semoga penyelenggaraannya sukses dan juaranya dapat bertanding ke internasional dan mengibarkan bendera Indonesia," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement