Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Universitas Missouri Siap Bantu Kurikulum Perguruan Tinggi Jurnalistik di Sumsel

Senin 05 Mei 2014 16:39 WIB

Rep: Maspriel Aries/ Red: Maman Sudiaman

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mendengar penjelasan Fritz Cropp Associate Dean for Global Programs dari Missouri School of Jurnalism

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mendengar penjelasan Fritz Cropp Associate Dean for Global Programs dari Missouri School of Jurnalism

Foto: Republika/Maspril Aries

REPUBLIKA.CO.ID, AMERIKA SERIKAT-- Kunjungan kerja Gubernur Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) Alex Noerdin ke Amerika Serikat (AS) berbuah kerjasama bidang pendidikan. Universitas yang memiliki kampus jurnalisme di St Loise negara bagian Missouri itu siap membantu Pemprov Sumsel dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ilmu dan pendidikan jurnalistik di Indonesia.

Kesiapan Universitas Missouri disampaikan Media of the future facilitator   Profesor Mike McKean ketika menyambut delegasi Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan rombongan, Sabtu malam (4/5) waktu USA dan Senin siang (5/5) waktu Indonesia.

Menurutnya, Universitas Missouri akan memberikan bantuan berupa kurikulum dan juga tenaga pengajar untuk perguruan tinggi jurnalisme yang akan dibangun di Sumsel.

McKean yang didampingi Fritz Cropp Associate Dean for Global Programs dari Missouri School of Jurnalism menjelaskan, Universitas Missouri sebagai salah satu kampus terbaik di bidang jurnalisme. “Merupakan kebanggan bagi kami berbagi ilmu pengetahuan dengan Indonesia. Kami siap berbagi karena Kami sudah lama fokus terhadap pengajaran yang berbasis teknologi dan sosial media,” katanya.

Menurut McKean, kurikulum di kampus tersebut, setiap mahasiswa baru akan diajarkan ilmu dasar jurnalisme secara global. Memasuki tahun ke tiga, mahasiswa diperkenankan mendalami satu atau dua jenis mata kuliah yang diajarkan. “Setelah mendapat basisnya kita beri kesempatan memilih spesialisasi,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Alex Noerdin mengatakan, “Kehadiran perguruan tinggi jurnalisme di Sumatera Selatan erupakan impian sejak lama. Karena kehadiran dunia jurnalisme dapat menjadi penyeimbang sekaligus memperkuat posisi Sumatera Selatan di tataran nasional hingga global. Ini mimpi saya yang telah lama ada di benak.”

Sementara itu Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Marah Sakti Siregar dan Direktur Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Ahmed Kurnia Soeriawidjaja meyakini keinginan keinginan Alex Noerdin akan segera terwujud.

Menurut wartawan senior Marah Sakti, keyakinan itu terwujud mengingat Sumsel bukan hanya pionir berdirinya SJI akan tetapi keberdaaan SJI Sumsel sudah terbukti sebagai SJI terbaik dari 9 daerah yang ada “Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah menyiapkan izin pendirian SJI yang berbasis internasional ini,” katanya.

School of Journalism di Universitas Missouri merupakan sekolah jurnalisme tertua di dunia didirikan Walter William pada 1908. Sekolah ini dikenal sebagai sekolah yang menerapkan teori dan praktik secara bersamaan. Dengan track rekord  tersebut Marah Sakti yakin dalam dua tahun mendatang kampus kembar Universitas Missouri di bidang jurnalisme akan ada di Sumatera Selatan.

“Semua itu akan kita mulai dengan mulai dengan penadatangan nota kesepahaman atau MoU antara Universitas Missouri, PWI dan Pemerintah Provinsi Sumsel,” kata Ahmaed Kurnia mantan wartawan senior

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA