Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Disdik Batam Bantah Ubah Nilai di PPBD 2013

Rabu 10 Jul 2013 14:49 WIB

Red: Taufik Rachman

Pengumuman penerimaan siswa baru tahun lalu. Ilustrasi

Pengumuman penerimaan siswa baru tahun lalu. Ilustrasi

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID,BATAM--Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin membantah kesalahan input data penerimaan peserta didik baru (PPDB) online di wilayah setempat terjadi pada petugas dinas pendidikan.

"Kesalahan bukan di Dinas Pendidikan Kota, karena semua nilai di-input di Pusat Teknologi dan Informasi Komunikasi (Pustekom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Namun bisa terjadi di sekolah," kata dia di Batam, Rabu.

Muslim mengakui kesalahan tersebut merugikan beberapa calon siswa didik di Batam, namun tidak berlarut karena di hari ketiga pendaftaran, pihaknya langsung menyurati Pustekom.

"Hari itu juga langsung di-input ulang untuk diperbaiki. Jadi, kalau tidak lulus karena memang nilainya tidak bersaing dengan siswa lainya," kata dia.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho, Selasa (9/7) menilai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) "online" di Batam bermasalah menyusul banyaknya laporan yang masuk mengenai kesalahan input nilai sehingga dapat merugikan siswa.

Ia mengatakan, pada sebuah SMA negeri kawasan Batuaji Batam, ada beberapa siswa sekitar lingkungan sekolah yang akhirnya tidak diterima karena nilainya diturunkan oleh petugas PPDB. "Banyak orang tua yang mengadu ke DPRD Kota Batam karena nilai anaknya tersebut dikurangi," kata Udin.

Udin juga menyesalkan, pihak sekolah tidak melibatkan komite sekolah saat PPDB.

Salah seorang pendaftar, kata dia, nilai IPA ujian sekolah yangs eharusnya 9,01 diubah jadi 4,00 sehingga nilai rata-rata calon siswa tersebut jatuh dan tidak diterima pada sekolah diinginkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA