Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

PPBD Karawang Gunakan Sistem Online

Rabu 22 May 2013 15:40 WIB

Red: Taufik Rachman

Suasana penerimaan siswa baru

Suasana penerimaan siswa baru

Foto: amin madani/republika

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG--Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memastikan proses penerimaan peserta didik baru atau penerimaan siswa baru 2013 dilakukan secara online untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan.

"Kita menginginkan peserta didik di Karawang benar-benar berkualitas, jadi kita benahi sistemnya, salah satunya dengan membenahi sistem PPDB (penerimaan peserta didik baru) online," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang Agus Supriatman, di Karawang, Rabu.

Dikatakannya, jadwal pendaftaran PPDB pada 13-29 Juni 2013. Pelaksanaan penerimaan PPDB tersebut dibagi menjadi empat tahap, yakni tahap seleksi bakat prestasi, seleksi untuk pendaftar luar daerah Karawang, seleksi bina lingkungan dan seleksi umum.

Untuk seleksi umum PPDB dilakukan pada 24-28 Juni 2013. Pendaftaran tersebut dilakukan secara perseorangan langsung atau sistem online, melalui www.ppdbkarawang.com.

Dalam mempersiapkan sistem PPDB online, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga mengandeng salah satu perusahaan provider untuk menyediakan pelatihan dan peralatan. Salah satunya ialah dengan membangun "server" untuk menampung data pendaftar PPDB.

Ia berharap PPDB 2013 yang dilakukan secara online bisa berjalan lancar, terbuka dan tidak ada unsur kecurangan berbentuk "jual-beli" kursi sekolah negeri.

"Melalui PPDB online ini, maka bisa menghilangkan praktik calo yang selalu terjadi setiap PPDB. Kita yakin dengan semangat melakukan perubahan, maka diharapkan menghasilkan peserta didik yang berkualitas," kata Agus.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA