Rabu 30 Jan 2019 21:18 WIB

PDSS Resmi Ditutup, 995.781 Siswa Telah Verifikasi Data

Ada 18.206 sekolah yang mendaftar dan 14.888 sekolah sudah melakukan finalisasi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
Ravik Karsidi (tengah berbaju batik)
Foto: Republika/Binti Sholikah
Ravik Karsidi (tengah berbaju batik)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyampaikan, pendaftaran dan verifikasi pada lama pangkal data siswa dan sekolah (PDSS) secara resmi ditutup, Rabu (30/1) pukul 18.00 WIB. Tercatat, ada 18.206 sekolah yang mendaftar dan 14.888 sekolah sudah melakukan finalisasi.

“Siswa yang sudah melakukan verifikasi data hingga penutupan final PDSS sebanyak 995.781 siswa,” kata ketua LTMPT Ravik Karsidi kepada Republika, Rabu (30/1).

Menurut Ravik, ada peningkatan jumlah siswa yang sudah melakukan verifikasi sebanyak 307 orang. Artinya, keputusan untuk memperpanjang batas waktu pengisian dan verifikasi PDSS dinilai memberi manfaat dan efektif.

“Dibandingkan dengan data sebelum dilakukan verifikasi otomatis terdapat penambahan jumlah 307 orang siswa,” jelas dia.

Sedangkan menurut Sekretaris LTMPT Joni Hermana, panitia tidak akan melakukan perpanjangan batas waktu pengisian data PDSS lagi. Artinya bagi siswa dan sekolah yang sudah mendaftar namun belum melakukan finalisasi dipastikan dia tidak akan terdaftar.

"Perpanjangan waktu kemarin memang harus dimanfaatkan dengan baik, karena tidak akan perpanjangan PDSS lagi," kata Joni.

Pengisian PDSS sendiri yaitu memuat nilai prestasi akademik siswa dan catatan prestasi lainnya serta rekam jejak kinerja sekolah. PDSS tersebut akan menjadi dasar pertimbangan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement