Jumat 15 Feb 2019 21:09 WIB

Fajar Hidayah Raih Silver Medal dari Republik Ceska

Fajar Hidayah merupakan sebuah sekolah yang mengajarkan toleransi dalam perbedaan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah meraih penghargaan khusus, Silver Medal, dari Pemerintah Republik Ceska. Penghargaan diberikan oleh Duta Besar Republik Ceko di Indonesia, Ivan Hotek, kepada pendiri sekolah, Mirdas Eka Yora dan Draga Rangkuti, Kamis (14/2).
Foto: Republika/Zahrotul Oktaviani
Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah meraih penghargaan khusus, Silver Medal, dari Pemerintah Republik Ceska. Penghargaan diberikan oleh Duta Besar Republik Ceko di Indonesia, Ivan Hotek, kepada pendiri sekolah, Mirdas Eka Yora dan Draga Rangkuti, Kamis (14/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah meraih penghargaan khusus dari Pemerintah Republik Ceska. Kemarin Kamis (14/2), melalui Duta Besar Republik  Ceska di Indonesia, Ivan Hotek, sekolah ini mendapat penghargaan Silver Medal.

"Fajar Hidayah merupakan sebuah sekolah yang mengajarkan toleransi dalam perbedaan pada anak-anak dengan melakukan pendekatan sosial. Ini hal yang penting dan harus diajarkan sebagai kebiasaan mendasar untuk masa depan," ujar Duta Besar  Ceska, Ivan Hotek, di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/2).

Sekolah yang terletak di Cibubur ini dinilai mampu mengajarkan kebersamaan dan menerima perbedaan. Hal-hal ini bahkan dimasukkan sekolah dalam bentuk kurikulum dan mengajak siswa-siswinya untuk lebih mengeksplorasi negara lain baik dari sisi budaya, adat istiadat, pendidikan, makanan, dan nilai sejarahnya.

Hal lain menurut Ivan yang juga penting adalah perhatian sekolah kepada anak-anak yatim dan tidak mampu. Sekolah mampu mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta saling menghargai untuk kehidupan yang lebih baik.

"Kita tidak perlu perang. Perang itu menyakiti. Orang pertana yang akan menderita ketika perang itu terjadi adalah anak-anak dan wanita," lanjutnya.

Penghargaan khusus ini diberikan langsung oleh Duta Besar di kediamannya dan diterima oleh pendiri yayasan, Mirdas Eka Yora dan Draga Rangkuti. Selain memberikan penghargaan pada Fajar Hidayah, Ivan juga memberi penghargaan kepada beberapa juara lomba karya seni internasional (Fine Art) Lidice.

“Saya telah berkunjung ke Fajar Hidayah di Aceh dan di Kota Wisata-Cibubur. Saya merasakan Fajar Hidayah sekolah Islam yang sangat ramah, menanamkan dan mampraktikkan toleransi dengan baik dan indah,” ujarnya.

Pendiri sekaligus Ketua Yayasan SIT Fajar Hidayah, Mirdas Eka Yora, mengaku bersyukur atas penghargaan ini. Penghargaan ini dianggap sebagai apresiasi atas upaya yang dilakukan lembaga dalam mengenalkan dan mempromosikan keindahan Islam dan toleransi dalam tatanan hubungan global dan komunitas Muslim dengan dunia internasional.

photo
Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah meraih penghargaan khusus, Silver Medal, dari Pemerintah Republik  Ceska. Penghargaan diberikan oleh Duta Besar Republik Ceko di Indonesia, Ivan Hotek, kepada pendiri sekolah, Mirdas Eka Yora dan Draga Rangkuti, Kamis (14/2).

"Ini penghargaan yang kita syukuri sekali, terutama sebagai sekolah Islam. Apalagi ini langsung dari Kementerian Luar Negeri Republik Ceska," ujar Mirdas.

Ia menyebut dalam mengajarkan toleransi dan menerima perbedaan secara lebih global, sekolahnya sering melakukan kegiatan International Week. Di mana kegiatan tersebut mengajak siswanya mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang sebuah negara dan dikreasikan dalam bentuk pameran di dalam kelas. Mereka bisa mengkreasikan dari sisi arsitektur, budaya, bahkan makanan dan minuman khas negara tersebut.

Fajar Hidayah juga terhitung memiliki 500 siswa yatim piatu. Kebanyakan mereka berada di Aceh dan dibuka pertama kali setelah kejadian tsunami yang melanda wilayah tersebut.

"Kita ingin meluruskan konsep rahmatan lil alamin dengan suatu keterbukaan. Keterbukaan dimulai dengan saling mengenal dan menghilangkan persepsi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement