Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Sekolah Ambruk di Talegong Segera Diperbaiki

Jumat 11 Jan 2019 08:41 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Esthi Maharani

Warga memperbaiki atap rumahnya yang rusak akibat angin puting beliung / Ilustrasi

Warga memperbaiki atap rumahnya yang rusak akibat angin puting beliung / Ilustrasi

Foto: Arif Firmansyah/Antara
Sekolah itu mengalami kerusakan karena diterjang bencana angin puting beliung

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, Jawa Barat, segera mengusulkan dana untuk memperbaiki dua bangunan kelas SMP Al-Falah di Kecamatan Talegong. Sekolah itu mengalami kerusakan pada bagian atapnya karena diterjang bencana angin puting beliung pada akhir 2018.

Kepala Disdik Kabupaten Garut, Totong berharap perbaikan itu dapat segera dilakukan pada tahun ini. “Disdik Garut sudah menerima laporan bencana alam yang merobohkan dua bangunan sekolah di Talegong pada Desember 2018,” ujar Totong, Kamis (10/1).

Ia pun menekankan bahwa Disdik akan berupaya mencari sumber dana pada tahun anggaran 2019 untuk bisa mengalokasikan dana perbaikan bangunan sekolah itu. Sementara, usulan dana ke pemerintah pusat maupun ke provinsi, akan mendapatkan alokasi dananya pada tahun anggaran 2020, karena untuk perbaikan tahun 2019 sudah diputuskan pada 2018.

"Kejadian bencananya kan Desember sehingga usulan ke pusat dan ke provinsi untuk dianggarkan 2019 sudah selesai. Sehingga kemungkinan dianggarkan pada 2020," katanya.

Pemerintah Kabupaten Garut, lanjut Totong, akan mencari solusinya dengan mencari sumber dana dari program dinas terkait, atau dialokasikan pada APBD Perubahan pada pertengahan tahun. Menurut dia, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan satu kelas yang ambruk ditambah barang untuk menunjang kegiatan belajar di kelas diperkirakan sebesar Rp 110 juta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA