Rabu 14 Nov 2018 17:51 WIB

10 Startup Jawa Timur Masuk Inkubasi Appcelerate

Tiga tim terbaik akan dapat dana ratusan juta rupiah untuk mengembangkan bisnis.

Sebanyak 10 startup di Jawa Timur terpilih mengikuti program inkubasi Appcelerate yang digelar Lintasarta bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
Foto: Lintasarta
Sebanyak 10 startup di Jawa Timur terpilih mengikuti program inkubasi Appcelerate yang digelar Lintasarta bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 10 startup di Jawa Timur terpilih mengikuti program inkubasi Appcelerate yang digelar Lintasarta bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Para startup itu akan mendapatkan bantuan pendanaan awal untuk pengembangan ide.

Appcelerate Program Director, Ryo Naldho, mengatakan 10 tim itu selanjutnya akan mengikuti program inkubasi dan akselesari yang melibatkan para mentor dari Lintasarta, industry expert, dan ITS Surabaya. "Bantuan dana diberikan untuk pengembangan ide atau purwarupa agar menjadi sebuah produk akhir yang siap dipasarkan," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/11).

Pada tahap awal, Ryo mengatakan, Appcelerate ITS diikuti 110 startup yang beranggotakan mahasiswa dan alumni. Mereka lalu diseleksi administrasi dan terpilih 25 startup untuk pitching dihadapan para mentor.

Dari sekian proses yang dilakukan, Ryo menilai, para peserta sudah menampakkan kematangannya untuk bisa mendesain produknya agar memiliki nilai sosial dan bisnis. "Setelah melalui proses screening proposal dan pitching di depan para mentor dari Lintasarta, ITS dan industry expert, lalu terpilihlah 10 tim terbaik," kata dia.

Sepuluh startup yang masuk ke tahap inkubasi melalui program Appcelerate ini terdiri dari: FishGator, startup yang berfokus pada platform IoT untuk perikanan. Dompet Dinar, startup bergerak di industri teknologi finansial. PixSp, IoT-based startup dengan salah satu produknya payment system.

Sidakdebitur, startup yang dapat memberikan credit assessment debitur. SMES, startup yang bergerak dalam manajemen peringatan dan evakuasi banjir menggunakan IoT teknologi. Digigov, startup yang mengembangkan pengelolaan teknologi keuangan di pemerintahan tingkat desa dan kota.

Zeniora, startup yang bergerak dalam bidang manajemen sekolah. Guarddio, startup yang mengembangkan solusi smart surveillance. Everchat, startup yang mengembangkan aplikasi chatbot dengan AI teknologi. Terakhir, HOMS, startup yang fokus pada energy management system.

Appcelerate program bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi teknologi digital di kalangan mahasiswa, dosen, maupun alumni. Lama waktu program ini selama 6 bulan.

photo
Sebanyak 10 startup di Jawa Timur terpilih mengikuti program inkubasi Appcelerate yang digelar Lintasarta bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Program yang diselenggarakan di ITS Surabaya ini ialah sebuah program inkubasi dan akselarasi yang mengemban tugas dalam pengembangan iklim startup di wilayah Jawa Timur. Nantinya dampak yang ingin ditampilkan adalah memperbesar peluang startup untuk menjalankan usahanya secara mandiri dan berkesinambungan.

Dengan mengusung tema “Designing Solutions to Industrial Problems through Campus-Based Development” isu utama yang jadi titik perhatian adalah penyelesaian perkara industri perbankan atau nonperbankan, dan smart city. Program inkubasi akan berlangsung dari November 2018-Maret 2019.

Lalu dilanjutkan dengan presentasi final rencana bisnis masing-masing tim yang akan dilaksanakan pada akhir Maret 2019. Tiga tim terbaik berkesempatan untuk memenangkan dana dengan total ratusan juta rupiah yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement