Jumat 21 Sep 2018 16:24 WIB

SMK Gratis Solopeduli Raih Juara Satu Lomba Desain Web

Lomba ini diikuti oleh berbagai SMK di pulau Jawa.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Situs-situs Web Jejaring Sosial (ilustrasi)
Situs-situs Web Jejaring Sosial (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Tim Avantg_arde SMK IT Smart Informatika Solo atau SMK Gratis Solopeduli menjadi juara satu dalam ajang perlombaan desain web pada acara SMART IT Fest 2018, Kamis (20/9). Acara perlombaan diadakan oleh mahasiswa D3 Fakultas Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di Atrium Hartono Mall Solo Baru Kabupaten Sukoharjo.

Tim SMK IT SI beranggotakan Aksal (kelas 12), Haris (kelas 12) dan Masykur (kelas 11). Tim ini berkompetisi melawan 2 tim finalis lain dari SMK Telkom Malang dan SMK Negeri 2 Solo. Lomba ini diikuti oleh berbagai SMK di pulau Jawa.

Pekan sebelumnya, para peserta lomba disaring terlebih dahulu. Hasil penyaringan tersebut didapatkan tiga finalis yang maju dalam perlomban. Dalam babak final ini, para peserta diberi waktu selama 20 menit untuk mempresentasikan karya desain web mereka dengan tema show indonesia’s beauty.

Setiap tim menampilkan naskah presentasinya yang berisi tentang situs webnya, seperti mockup desain web, alur web, teknologi yang digunakan, fitur-fitur web, kelebihan, konten dan lain lain dan bisa dikreasikan sesuai kreativitas masing-masing.

SMK IT SI mengusung nama Web Pesona Indonesia. Dalam presentasinya, Aksal Syah Falah, ketua tim menjelaskan dalam web mereka ingin memberikan tampilan keindahan Indonesia mulai dari alam, budaya hingga kuliner. Aspek penilaian lomba mencakup desain interface web, layout dan navigasi, estetika, fitur dan inovasi web, kecepatan akses, fungsionalitas, kesesuaian konten dengan tema, keorisinial website, dan konten. SMK IT SI dinilai lebih unggul dengan nilai total 1.815 dibandingkan peserta yang lain yang mendapatkan nilai total 1.795 dan 1.705.

Aksal mengaku terharu karena baru pertama kali merasakan menjadi juara satu. Timnya sampai rela lembur hingga malam walau masih dalam masa penilaian tengah semester.

"Awalnya grogi saat presentasi, dan sedikit lelah karena lembur sekitar lima hari, tapi alhamdulillah mendapatkan hasil yang baik," ucapnya.

Kepala sekolah SMK IT Smart Informatika, M Ali Mursidi menyampaikan rasa bangganya terhadap para siswanya yang bisa memenangkan lomba tersebut. "Prestasi ini sebagai salah satu bukti bahwa keberhasilan bisa diraih asal dipersiapkan dengan baik yang terpenting adalah memberikan rasa percaya pada siswa-siswi SMK IT SI bahwa kedhuafaan tidak menjadi penghalang untuk berprestasi pada level nasional," ujar Ali.

Direktur Program Solopeduli, Wahyu Wahnuri menyatakan rasa bangga karena siswa-siswi SMK IT SI bisa menunjukan keseriusan dalam belajar.  Prestasi tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh orangtua dan para donatur Solopeduli.

"Mudah-mudahan mereka senantiasa berprestasi sehingga kelak bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi amal jariyah bagi para donatur yang memberikan beasiswa," terang Wahyu seperti tertulis dalam siaran pers, Kamis (20/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement