Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Peserta SMN Asal Papua Kunjungi Rumah Kreatif BUMN

Rabu 15 Agustus 2018 15:04 WIB

Red: Irwan Kelana

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Papua mengunjungi salah satu UKM binaan RKB BRI dan melihat langsung pembuatan kerajinan tas bordir khas Aceh.

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Papua mengunjungi salah satu UKM binaan RKB BRI dan melihat langsung pembuatan kerajinan tas bordir khas Aceh.

Foto: Dok PTSI
Mereka juga mengunjungi Universitas Syah Kuala dan SMA Modal Bangsa Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak 35 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Papua berkesempatan mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI di Banda Aceh, Selasa (14/8). Kunjungan ini untuk memberikan wawasan entrepreunership kepada siswa dengan mengenalkan usaha kecil menengah (UKM)/koperasi di daerah.

Melalui RKB yang dibentuk oleh Kementerian BUMN, setiap UKM dituntut untuk meningkatkan kualitasnya, baik barang, kemasan, maupun pemasarannya. “Program kunjungan ke RKB ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkenalkan kepada siswa/siswi fungsi dan peran serta UMKM kreatif yang sedang dan telah dibina dalam upaya berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah,” kata Kepala Bagian Bisnis Retail Kanwil BRI Aceh, Herman Depati, Selasa (14/8) seperti dikutip Antara.

Siswa mendapatkan wawasan bagaimana peran RKB dalam mendampingi dan mendorong pelaku UKM dalam menjawab tantangan pengembangan usaha UKM dalam hal peningkatan kompetensi, akses pemasaran, dan modal.

Diharapkan, kunjungan ini bisa mendorong jiwa entrepreunership siswa, menciptakan jiwa inovatif dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hal itu mengingat UKM memiliki potensi sebagai penggerak ekonomi Indonesia untuk kemakmuran negeri.

Siswa pun kemudian diajak ke salah satu UKM binaan RKB BRI dan melihat langsung pembuatan kerajinan tas bordis khas Aceh. "Saya senang bisa mendapatkan pembekalan ini. Memberi saya inspirasi untuk membuat usaha. Di Papua ada banyak potensi kebudayaan yang bisa dijadikan produk khas lokal," ujar Frans,  salah seorang peserta.

photo

Para pelajar asal Papua yang menjadi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi Aceh.

Selain wawasan entrepreneurship, siswa Papua juga akan mendapatkan wawasan tentang pendidikan di Provinsi Aceh dengan mengunjungi Universitas Syah Kuala dan SMA Modal Bangsa Aceh. Sebelumnya, siswa mendapatkan wawasan nusantara bersama TNI di Rindam dan berkesempatan mengunjungi Sabang dengan 0 kilometernya yang terkenal itu.

Siswa Papua pun berkesempatan mengunjungi Pekan Kebudayaan Aceh yang digelar hingga 15 Agustus mendatang.

Program Siswa Mengenal Nusantara di Aceh ini merupakan sinergi BNI dan Surveyor Indonesia dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia. Kegiatan tersebut diadakan pada 10-17 Agustus 2018. Pada saat yang bersamaan, sebanyak 26 siswa Provinsi Aceh melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara di Papua.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pencari Puing Waduk Jatigede (1)

Senin , 24 September 2018, 23:59 WIB