Senin 16 Jul 2018 12:21 WIB

IGI: Antar Anak ke Sekolah Wujud Pendidikan Karakter

Saling kenal orang tua dan pihak sekolah dinilai penting dalam proses pendidikan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Anak sekolah. Ilustrasi
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Anak sekolah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Guru Indonesia (IGI) mendukung penuh langkah Pemprov DKI menginstruksikan orang tua mengantar anak di hari pertama sekolah. Menurut Ketua Umum IGI Muhammad Ramli, mengantar anak merupakan wujud dari pendidikan karakter.

Pendidikan karakter, kata dia, memang mesti diteladankan bukan sekadar diajarkan. "Saling kenal dan komunikasi antara orang tua, siswa, guru dan pengelola sekolah menjadi sangat penting dalam proses pendidikan," ungkap Ketua Umum IGI Muhammad Ramli Rahim kepada Republika.co.id, Senin (16/7).

Ramli mengatakan, dengan terbentuk komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orang tua, diyakini mampu meminimalisasi kekerasan, kriminalisasi guru, dan hal negatif lainnya di sekolah.

Karena itu dia berharap, ke depan seluruh pemerintah daerah (Pemda) dan pihak swasta menginstruksikan hal yang sama. Yaitu memberi ijin pegawainya agar bisa mengantarkan anaknya pada hari pertama sekolah. "Hanya sekali dalam setahun. Menurut kami ini bukan pencitraan," kata dia.

Ramli pun mengimbau agar Pemda lain tidak perlu malu dan merasa latah dengan hal ini. Sebab instruksi tersebut adalah hal baik untuk masa depan anak-anak, masa depan pendidikan dan tentu saja masa depan bangsa ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement