Kamis 29 Mar 2018 23:40 WIB

Pendidikan Vokasi Harus Ikuti Perkembangan Industri

Mengimbangi perkembangan dunia usaha-industri yang terus menunjukan peningkatan.

Pendidikan Vokasi (ilustrasi)
Foto: www.pnj.ac.id
Pendidikan Vokasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pendidikan vokasi di Indonesia harus terus dikembangkan untuk mengimbangi perkembangan dunia usaha dan dunia industri yang terus menunjukan peningkatan. Hal itu diungkapkan Dirjen Pembinaan SMK Kemendikbud, Mochamad Widiyanto saat Dialog Gebyar Pendidikan Vokasi di SMK Negeri 2 Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Peluang ini ayo kita gunakan sekolah dengan melakukan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia perindustrian," kata Mochamad Widiyanto, Kamis (29/3).

Ia menuturkan, pendidikan vokasi saat ini harus terus dikembangkan dan diselaraskan dengan dunia usaha dan industri sebagai peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Selama ini, lanjut, dia, Kemendikbud bersama Kementerian Perindustrian terus menyelaraskan kurikulum SMK, termasuk harus mampu menjalin kerjasama dengan perusahaan besar. "SMK itu wajib memiliki pasangan atau kerja sama dengan dunia usaha," katanya.

Acara dialog itu dihadiri seratusan peserta terdiri dari guru, kemudian kepala sekolah, komunitas dan para pelaku usaha dan industri, juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah, dan Kasubdit BMK Provinsi Jawa Barat Dodin Rusman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement